Apa Itu Perdagangan Internasional dan Manfaatnya bagi Negara

25 Desember 2023 07:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi perdagangan internasional. (Sumber: Freepik)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Perdagangan internasional merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan jual beli antara pihak yang berada di dua negara berbeda, atau biasa disebut ekspor dan impor. 

Perkembangan perdagangan internasional selalu menjadi topik yang menarik di setiap negara, terutama terkait hasil produksi yang bisa dijual di negara lain atau hasil produksi dari luar yang dapat berpengaruh ke perekonomian dalam negeri. 

Perdagangan internasional timbul karena adanya ketergantungan antara satu negara dengan negara lainnya. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan setiap negara untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh penduduknya.

Ciri-ciri perdagangan internasional

Mengutip buku Perdagangan Internasional: Konsep dan Aplikasi, ciri-ciri perdagangan internasional meliputi:

  • Para pihak yang melakukan perdagangan tidak saling bertemu, bahkan tidak mengenal satu sama lain. 
  • Para pihak dihubungkan atau dikenalkan melalui media promosi dan/atau perwakilan dagang dari masing-masing negara. 
  • Harga barang atau komoditas ditentukan dari standar harga yang telah ditetapkan oleh kesepakatan internasional atau dapat juga berdasarkan tawar-menawar (bargaining position) masing-masing pihak. 
  • Tujuan perdagangan dominan komersial atau dapat terjadi hubungan antara pedagang dan konsumen, tetapi komoditas digunakan untuk kepentingan produksi. 
  • Di Indonesia, pelaku usaha harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah dan memiliki izin-izin tertentu. 
  • Keikutsertaan negara sangat besar, baik yang berkaitan dengan pungutan negara maupun perlindungan terhadap pelaku usaha. 
  • Mata uang yang digunakan adalah mata uang kuat seperti Dolar AS (USD) dan Dolar Singapura (SGD). 
  • Bahasa internasional yang dipakai terutama bahasa Inggris. 
  • Hasil perdagangan atau ekspor dipakai menjadi sumber devisa bagi setiap negara dan akan menentukan kemampuan negara yang bersangkutan di bidang moneter. 
  • Jika terjadi perselisihan diselesaikan menggunakan rujukan konvensi internasional yang disepakati. 
  • Pengaturan secara internasional ditetapkan oleh badan atau lembaga perdagangan dunia. 

Manfaat perdagangan internasional bagi negara

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, perdagangan internasional terjadi karena tidak ada satu pun negara yang di dunia yang mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh rakyatnya.

Maka dari itu, hubungan dagang melalui ekspor dan impor dengan negara lain sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara. 

Berikut ini manfaat dari perdagangan internasional:

  1. Untuk memperoleh komoditas atau barang yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri. 
  2. Untuk mendapatkan atau memperoleh keuntungan dan spesialisasi. Keuntungan finansial yang diperoleh dari [perdagangan internasional adalah negara pengimpor akan membayar harga komoditas di atas harga pokok negara pengekspor. Surplus dari selisih harga komoditas ekspor akan menjadi sumber tambahan devisa bagi negara pengekspor yang akan menjadi salah satu indikator tingkat kemakmuran masyarakat suatu negara.  
  3. Menjual teknologi yang belum dimiliki oleh negara lain, terutama jika hasil produksi teknologi tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat.
  4. Memproduksi secara khusus suatu jenis komoditas atau barang, meski komoditas atau barang tersebut dapat diproduksi oleh banyak negara. Pengkhususan tersebut atas dasar pertimbangan bahwa faktor produksinya unggul mutlak dibandingkan sumber daya alam yang dimiliki oleh negara lain seperti bahan baku produksi. 
  5. Memperluas pasar untuk meningkatkan keuntungan atau profitabilitas. Faktor ini terutama disebabkan oleh kapasitas produksi lebih tinggi dari kebutuhan dalam negeri sehingga kelebihan produksinya dipasarkan ke luar negeri. 
  6. Sebagai bentuk transfer teknologi. Dengan adanya inovasi teknologi produksi, suatu komoditas atau barang yang biasa diproduksi atau dikerjakan secara manual dapat digantikan dengan teknologi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR