Apa Itu University War? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Nilai yang Bisa Dipetik Darinya

17 Jul 2024 21:07 WIB

thumbnail-article

Reality show Korea, "University War". (Sumber: universitywar.com)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Apakah kamu pernah mendengar reality show berjudul University War? Reality show asal Korea Selatan tersebut hampir mirip dengan Clash On Champions yang diadakan Ruangguru di Indonesia. Lantas, apa itu University War?

University War adalah reality show yang mengusung konsep adu kecerdasan para perwakilan mahasiswa dari universitas bergengsi di Korea Selatan. Reality show ini tayang sejak 3 November 2023 untuk musim pertamanya. Rencananya musim kedua akan dirilis pada 2024.

Tujuan University War adalah untuk menguji keterampilan, kecerdasan, kreativitas, dan kerja sama tim. Para peserta akan mengikuti berbagai jenis permainan, mulai dari fisik hingga intelektual.

Pada musim pertamanya, peserta berasal dari enam universitas ternama seperti Seoul National University, KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology), Pohang University Science and Technology, Yonsei University, Korea University, dan Harvard University.

Para peserta bersaing menyelesaikan tantangan aritmatika, matematika, hingga memori. Mereka berlomba untuk mendapatkan poin agar tidak tereliminasi. Nantinya, para pemenang akan mendapatkan beasiswa pendidikan sebagai hadiahnya.

Nilai yang bisa diambil dari University War

University War mendapatkan respons positif dari masyarakat. Selain melihat aksi peserta dalam memecahkan tantangan, tayangan tersebut juga menambah motivasi penonton untuk belajar lebih giat. Tak heran jika banyak yang menantikan University War musim kedua.

Berikut nilai-nilai yang bisa diambil dari tayangan University War:

  • Menekankan pentingnya pendidikan

University War menekankan pentingnya pendidikan bagi kehidupan kita. Tayangan ini dapat memotivasi pelajar maupun mahasiswa untuk lebih giat belajar dan mencapai prestasi yang tinggi.

Selain menghibur, University War secara tidak langsung juga mengajak para penonton untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Dari situ, penonton bisa mendapatkan pengetahuan baru.

  • Mengajak berpikir kritis dan kreatif

University War menunjukkan bahwa skill berpikir kritis dan kreatif sangat penting untuk menyelesaikan masalah. Jadi, peserta tidak terus menerus mengandalkan kejeniusannya saja, tetapi juga berpikir solutif. Tak heran jika banyak ditemui strategi-strategi tertentu dalam menyelesaikan soal yang diberikan.

  • Melatih kerja sama dan kepemimpinan

Pada dasarnya, University War juga mengajak peserta untuk bekerja sama dalam tim. Mereka berkolaborasi menyelesaikan misi dan tantangan bersama orang yang mungkin sebelumnya tidak saling kenal. Mereka akan melakukan berbagai macam cara agar bisa memenangkan kompetisi tersebut.

  • Tekun dan pantang menyerah

Hadiah yang ditawarkan oleh University War memang sangat menarik. Inilah yang melatarbelakangi peserta untuk berlomba-lomba mempertahankan posisi di setiap episodenya.

Namun, yang lebih penting adalah berlatih tekun dan pantang menyerah. Kegagalan selama kompetisi adalah hal yang wajar. Kegigihan setiap peserta menyusun strategi dan menyelesaikan tantangan bersama justru patut diapresiasi.

Pada dasarnya, tayangan University War ini hampir sama dengan Clash On Champions yang diinisiasi Ruangguru. Keduanya sama-sama mengangkat tema pendidikan yang dikemas dalam reality show.

Jadi, apakah kamu siap menunggu University War musim kedua? Informasi selengkapnya akan disampaikan melalui platform Coupang Play.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER