Apa yang Dimaksud dengan Double Major? Ini Bedanya dengan Double Degree

2 Jul 2024 21:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi wisudawan yang salin memberi ucapan selamat. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Kebanyakan mahasiswa umumnya hanya mengambil satu jurusan atau program studi di perguruan tinggi. Namun, mahasiswa sebenarnya bisa mempelajari lebih dari satu bidang dengan mengambil program double major

Double major merupakan program kuliah yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil dua jurusan secara bersamaan dan mendapatkan satu gelar setelah lulus. 

Dua bidang ilmu yang dikombinasikan pada program double major biasanya masih saling berhubungan, misalnya hukum dan psikologi atau bisnis dan ekonomi. 

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program double major kurang lebih sama dengan single major yakni sekitar 3-4 tahun dengan beban minimal 120 kredit. 

Mengambil double major akan memberikan banyak keuntungan, sebab mahasiswa dapat memiliki peluang karier yang lebih luas dan potensi pendapatan yang lebih tinggi. 

Selain itu, mempelajari lebih dari satu bidang akan memperluas wawasan mahasiswa dan memperdalam pengetahuan mereka di kedua bidang tersebut. Kemampuan ini tentunya akan sangat berguna bagi mahasiswa ketika terjun di tengah masyarakat. 

Perbedaan double major dan double degree

Selain double major, kamu mungkin juga pernah mendengar istilah double degree. Meski sama-sama merupakan pendidikan ganda, terdapat perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya. 

Seperti namanya, mahasiswa yang mengambil program double degree akan mendapatkan dua gelar setelah menyelesaikan studi, tidak seperti program double major yang gelarnya tunggal.

Kedua gelar ini diperoleh dari dua program studi yang diambil. Namun, mahasiswa double degree tidak harus menjalani kedua program secara penuh alias berkuliah dua kali. 

Setelah menyelesaikan salah satu program studi, mahasiswa cukup menambah satu tahun untuk mempelajari bidang studi lainnya dan mendapatkan gelar di ranah tersebut. 

Perbedaan lainnya ada pada bidang keilmuan yang diambil. Meski tak selalu, banyak mahasiswa double degree yang memilih dua program studi yang sama sekali tak berkaitan, misalnya teknik dan musik. 

Selain itu, masa studi program double degree lebih panjang dibandingkan double major yakni sekitar 5 tahun dengan minimum 150 kredit. 

Nah, itu dia pengertian program double major dan perbedaannya dengan double degree, Semoga informasi ini bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER