Apakah Ada Psikolog Online Gratis? Berikut Empat Layanan yang Bisa Diakses

8 Jan 2024 18:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi layanan psikolog online. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk dijaga agar hati dan pikiran bisa lebih tenang. Salah satu cara menjaganya adalah berkonsultasi dengan psikolog. Lantas, apakah ada layanan psikolog online yang gratis? Simak penjelasannya berikut ini.

Layanan psikolog sejatinya bisa diakses oleh siapa saja, mulai dari yang gratis hingga yang memerlukan biaya mahal. Tujuan berkonsultasi dengan psikolog adalah agar seseorang bisa mendapat bantuan dalam mengatasi masalah psikologis yang sedang dihadapi.

Kamu bisa datang ke psikolog jika masalah yang ada dirasa sudah sangat mengganggu atau memunculkan trauma. Kamu seolah gagal menyelesaikan masalah sendiri dan cenderung melampiaskannya ke hal negatif.

Layanan psikolog online gratis

Berikut layanan psikolog online gratis yang bisa diakses oleh siapa saja:

  • Himpunan Psikologi Indonesia

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) menyediakan layanan konsultasi online secara gratis. Kamu tak perlu khawatir soal layanannya karena HIMPSI sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Kamu bisa mengecek kantor HIMPSI terdekat melalui situs https://himpsi.or.id/kantor-himpsi-wilayah. Jika ingin mencari psikolog, kamu bisa mengakses situs https://himpsi.or.id/cari-psikolog

  • Ikatan Psikolog Klinis Indonesia

Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia menyediakan layanan konsultasi online yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebanyak 2.900 lebih psikolog klinis aktif telah bergabung bersama IPK Indonesia.

Kamu bisa berkonsultasi soal rasa cemas, sedih, stress, hingga depresi yang dialami. Untuk memilih psikolog, kamu bisa mengaksesnya melalui situs https://data.ipkindonesia.or.id/cari-psikolog/.

  • Yayasan Praktek Psikolog Indonesia

Yayasan Praktek Psikolog Indonesia (YPPI) menyediakan layanan konsultasi online dan psikolog gratis bagi warga kurang mampu. Layanan ini tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan daftar psikolog yang bisa kamu lihat melalui situs https://www.praktekpsikolog.com/.

Tidak hanya menyediakan layanan psikolog online, YPPI juga memfasilitasi training, pengembangan sumber daya manusia, psikolog pendidikan, pemberdayaan masyarakat, hingga penelitian psikologi.

  • Berbagi Cerita

Berbagi Cerita adalah layanan konseling online gratis yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Nilai yang dianut oleh Berbagi Cerita yaitu kebersamaan dan bantuan, harapan dan semangat hidup, serta cinta dan kekeluargaan.

Sejauh ini, sudah ada lebih dari 2.770 klien yang terbantu dengan layanan Berbagi Cerita. 98 persennya merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Jika kamu membutuhkan layanan konseling ini, kamu bisa mengakses sesuai masalah yang dialami melalui situs https://berbagicerita.id/web/.

  • BagiKata

BagiKata merupakan layanan psikolog online yang bisa diakses secara gratis oleh siapa saja. Kamu bisa berkonsultasi dengan peer counselors terlatih yang biasa disebut Handlers. 

Berdiri pada tahun 2016, sebanyak 158.088 orang telah terbantu dengan layanan yang ditawarkan oleh BagiKata. Setiap bulannya, BagiKata membantu lebih dari 2.000 orang.

Apabila kamu ingin mengakses layanan psikolog BagiKata, kamu bisa mengaksesnya melalui https://bagikata.com/#services.

Itu tadi empat rekomendasi layanan psikolog online dan gratis di seluruh wilayah Indonesia. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan mental, ada baiknya segera menghubungi tenaga profesional untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER