Apakah Umrah dan Haji Tanpa Mahram Diperbolehkan dalam Islam?

18 September 2023 19:09 WIB

Narasi TV

Sumber kegiatan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. (Sumber: ANTARA/Yudi Abdullah)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Ibadah haji merupakan rukun iman kelima yang diwajibkan bagi yang mampu baik itu laki-laki ataupun perempuan. 

Tak jarang, ibadah haji dan umrah juga dilakukan oleh rombongan keluarga. Namun, bagaimana jika ibadah haji atau umrah dilakukan tanpa mahram?

Bukankah dalam kalangan Islam, dikenal aturan syariat mengenai perempuan yang tidak boleh keluar rumah tanpa mahramnya?

Bolehkah umrah dan haji tanpa mahram?

Melansir NU Online, Pengurus LBM PBNU Iffah Umniyati Ismail menjelaskan bahwa fenomena perempuan beribadah haji dan umrah tanpa mahram telah diprediksi oleh Rasulullah saw.

Hal tersebut, jelas Iffah, tercatat dalam hadis Nabi Muhammad saw. berikut. Dalam hadis tersebut, Rasulullah saw. bersabda:

“Suatu saat jika kamu panjang umur kamu akan melihat perempuan dari kota Hirah pergi sendirian sampai tawaf ke Baitullah itu tidak takut apapun kecuali takut kepada Allah.” 

Iffah menjelaskan, Rasulullah mengucapkan hal tersebut bukan untuk mengecam, melainkan memberitakan. Nabi Muhammad saw. tidak menjelaskan azab bagi perempuan yang berhaji tanpa mahram.

Selain hadis tersebut, dalam riwayat lain, dikisahkan para istri Rasulullah atau ummahatul mukminin pernah berhaji ditemani Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin Auf.

Dalam riwayat tersebut, kedua sahabat tersebut menemani istri-istri Rasulullah saw. atas perintah Rasulullah.

Sementara dalam penjelasan lain, Ustazah Imaz Fatimatuz Zahra atau yang akrab disapa Ning Imaz dari Ponpes Lirboyo, Kediri menjelaskan bahwa perempuan muslim tidak boleh melakukan perjalanan tanpa mahramnya.

Menurut Ning Imaz, aturan tersebut ada untuk menjaga keamanan perempuan dari fitnah.

Akan tetapi, apabila keamanan dapat dijamin, maka perempuan boleh untuk berpergian tanpa mahramnya, termasuk pergi haji dan umrah.

Arab Saudi izinkan perempuan umrah dan haji tanpa mahram

Pemerintah Arab Saudi sendiri kini telah mengizinkan perempuan melakukan ibadah haji dan umrah tanpa mahramnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah selaku Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi konferensi pers di Kedutaan Besar Saudi di Kairo Mesir pada 11 Oktober 2022 lalu.

"Sekarang wanita dapat melakukan haji dan umrah tanpa mahram. Wanita dapat melakukan perjalanan secara pribadi dan mandiri," katanya, dikutip dari Antara.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR