Pengertian Haji Mabrur Menurut Pandangan Islam Berdasarkan Hadis Nabi

27 May 2023 09:05 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi jemaah haji mabrur. (Sumber: Pexels/Talal Hakim)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pada musim haji, istilah “haji mabrur” sering diperbincangkan, bahkan tidak jarang masyarakat mendoakan seorang yang berangkat menunaikan ibadah haji menjadi haji yang mabrur. Namun, apa makna sebenarnya dari haji mabrur?

Secara kebahasaan, kata “mabrur” diambil dari kata al-mabrur yang memiliki arti ketaatan.

Jika digabungkan dengan kata haji, maka haji mabrur dimaknai sebagai ibadah haji yang baik dan diterima oleh Allah.

Akan tetapi, bagaimana jika dilihat dalam sudut pandang agama? Apa saja keutamaan menjadi jemaah haji yang mabrur dan bagaimana ciri-cirinya?

Makna haji mabrur

Mengutip laman NU Online, dalam syariat Islam, haji mabrur dimaknai sebagai mengerjakan ibadah haji sesuai dengan perintah dan petunjuk Allah dan RasulNya.

Dalam kitab Syarhus Suyuthi li Sunan an-Nasa’i karangan Jalaluddin as-Suyuthi, haji mabrur dijelaskan sebagai seorang yang melaksanakan ibadah haji dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum ia berhaji.

وَقِيلَ : هُوَ الْمَقْبُولُ الْمُقَابَلُ بِالْبِرِّ وَهُوَ الثَّوَابُ، وَمِنْ عَلَامَةِ الْقَبُولِ أَنْ يَرْجِعَ خَيْرًا مِمَّا كَانَ وَلَا يُعَاوِد الْمَعَاصِي  

Artinya, “Ada pendapat yang mengatakan: ‘Haji mabrur adalah haji yang diterima yang dibalas dengan kebaikan yaitu pahala. Sedangkan pertanda diterimanya haji seseorang adalah kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tidak mengulangi melakukan kemaksiatan.”

Dalam kitab yang sama, Al-Qurthubi menerangkan tentang haji mabrur sebagai ketentuan kesempurnaan dari ibadah haji.

قَالَ الْقُرْطُبِيُّ : الْأَقْوَالُ الَّتِي ذُكِرَتْ فِي تَفْسِيرِهِ مُتَقَارِبَةٌ وَأَنَّهُ الْحَجُّ الَّذِي وُفَّتْ أَحْكَامُه وَوَقَعَ مَوْقِعًا لِمَا طُلِبَ مِنْ الْمُكَلَّف عَلَى وَجْهِ الْأَكْمَلِ  

Artinya: “Al-Qurthubi berkata: ‘Bahwa pelbagai pendapat tentang penjelasan haji mabrur yang telah dikemukakan itu saling berdekatan. Kesimpulannya haji mabrur adalah haji yang dipenuhi seluruh ketentuannya dan dijalankan dengan sesempurna mungkin oleh pelakunya (mukallaf) sebagaimana yang dituntut darinya.”

Nikmat Allah Swt. bagi haji mabrur

Dalam sebuah hadis dijelaskan tentang balasan dan pahala bagi orang yang mendapatkan kemabruran dalam berhaji. Rasulullah saw. bersabda:

عَنْ جَابِرِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ، قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ، وَمَا بِرُّهُ؟ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَطِيبُ الْكَلَامِ وفي رواية لأحمد والبيهقي إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَإِفْشَاءُ السَّلَامِ

Artinya, “Dari sahabat Jabir bin Abdillah ra., dari Rasulullah saw., ia bersabda, ‘Haji mabrur tiada balasan lain kecuali surga.’ Sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apa (tanda) mabrurnya?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Memberikan makan kepada orang lain dan melontarkan ucapan yang baik,’ (HR. Ahmad, At-Thabarani, Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi, dan Al-Hakim).

Dalam hadis di atas, Rasulullah saw. menjelaskan bahwa seorang haji yang mendapat predikat mabrur dapat dilihat dari bagaimana orang tersebut berperilaku setelah berhaji.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini, Rasulullah saw. menjelaskan ciri-ciri haji yang mabrur.

سئل النبي ما بر الحج قال إطعام الطعام وطيب الكلام وقال صحيح الإسناد ولم يخرجاه

Artinya, “Rasulullah saw. ditanya tentang haji mabrur. Rasulullah kemudian berkata, ‘Memberikan makanan dan santun dalam berkata.’”

Dari keterangan hadis di atas, haji mabrur dapat disimpulkan sebagai orang yang mengerjakan ibadah haji dan diterima oleh Allah Swt.

Seorang haji mabrur dapat dilihat dari bagaimana perilakunya setelah melaksanakan ibadah haji.

Menurut Rasulullah, ciri-ciri tersebut adalah memiliki sikap yang baik dilihat dari tutur kata dan kepedulian terhadap sesama.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER