Peran Penting APBN dalam Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Nasional

22 Desember 2023 17:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi APBN. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan komponen inti dari kebijakan fiskal suatu negara yang memiliki pengaruh besar terhadap ekonomi dan pembangunan.

 APBN bukan hanya sekedar kumpulan angka, tetapi juga cerminan strategi ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah.

Lantas apa itu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)? Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara rinci mengenai peran penting APBN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional.

Mengenal lebih dekat APBN

APBN adalah rencana keuangan tahunan yang memetakan semua pendapatan dan pengeluaran pemerintah.

Pendapatan ini berasal dari berbagai sumber, seperti pajak, hasil perusahaan milik negara, dan sumbangan lainnya.

Di sisi lain, pengeluaran diarahkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga pembiayaan program sosial.

Peranan penting APBN

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi

APBN berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Melalui alokasi dana untuk proyek-proyek infrastruktur dan pengembangan sektor-sektor ekonomi strategis, APBN membantu menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang aktivitas ekonomi.

Investasi dalam infrastruktur, seperti jalan raya, pelabuhan, dan listrik, membuka peluang bisnis baru dan mendukung rantai pasokan yang kuat.

  • Pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat

APBN juga memiliki peran sosial yang kuat. Pemerintah menggunakan APBN untuk mendukung program-program pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Dana dialokasikan untuk pendidikan, layanan kesehatan, dan bantuan sosial yang meningkatkan taraf hidup masyarakat kurang mampu.

  • Pemerataan pembangunan

APBN berkontribusi pada pemerataan pembangunan di seluruh wilayah negara. Pengembangan infrastruktur dan program ekonomi di daerah-daerah terpencil atau tertinggal memastikan bahwa kemajuan ekonomi tidak hanya terjadi di pusat kota, tetapi juga merata di seluruh penjuru negeri.

  • Menjaga stabilitas ekonomi

APBN membantu menjaga stabilitas ekonomi melalui pengaturan pendapatan dan pengeluaran. Kebijakan fiskal yang bijaksana melalui APBN dapat membantu mengendalikan inflasi, menjaga keseimbangan neraca pembayaran, dan meningkatkan ketahanan ekonomi negara dalam menghadapi goncangan global.

Demikian informasi seputar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dapat Anda pelajari dan pahami untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR