Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi dan Emiliano Martinez jadi Kunci

19 Dec 2022 20:12 WIB

thumbnail-article

Piala Dunia FIFA Qatar 2022 - Final - Argentina v Prancis - Stadion Lusail, Lusail, Qatar - 18 Desember 2022 Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia bersama rekan setim saat mereka merayakan setelah memenangkan Piala Dunia REUTERS/Kai Pfaffenbach

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Lionel Messi memimpin Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 usai mengalahkan juara bertahan Prancis melalui adu penalti dengan skor 4-2.

Dalam laga final pada Minggu (18/12/2022) malam tersebut, kedua tim harus melaju ke babak penalti  setelah bermain imbang 3-3 selama 120 menit.

Berhasil mendominasi laga sejak menit pertama, Argentina sempat unggul 2-0 terlebih dahulu pada babak pertama.

Lionel Messi membawa tim Tango unggul atas Prancis lewat sebuah gol dari titik putih di menit ke-23. Tak lama berselang, Angel Di Maria memperlebar keunggulan dengan mencetak gol di menit ke-36. Skor 2-0 untuk keunggulan Argentina bertahan hingga babak pertama usai.

Akan tetapi, malapetaka bagi Agentina datang justru pada penghujung babak kedua. Pada menit ke-79, Randal Kolo Muani dilanggar oleh Nicolas Otamendi di dalam kotak penalti.

Kesempatan itu tak di sia-siakan Prancis. Kylian Mbappe yang diplot sebagai eksekutor mampu memperkecil ketertinggalan lewat tendangan penalti di menit ke-80.

Semenit berselang, momentum kebangkita Prancis setelah gol penalti Mbappe mampu dimanfaatkan para pemain Prancis dengan mencetak satu gol.

Lewat skema serangan balik yang diinisiasi Adrien Rabiot, Kylian Mbappe kembali mencetak gol lewat tendangan voli di menit 81. Menjelang berakhirnya pertandingan, skor menjadi 2-2.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiup. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak perpanjang waktu.

Pada babak tambahan waktu, Argentina yang menemukan kembali ritme permainannya mampu mencetak gol pada menit ke-108.

Memanfaatkan penyelamatan yang tak sempurna oleh Hugo Lloris, Lionel Messi berhasil membawa Argentina kembali unggul.

Akan tetapi, ketika babak tambahan waktu tinggal dua menit, Prancis mendapatkan penalti keduanya. 

Kylian Mbappe yang bertugas sebagai eksekutor mampu menunaikan tugasnya dengan baik, skor 3-3 kemudian bertahan hingga babak tambahan waktu usai.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Pada momen inilah Emiliano Martinez keluar sebagai penyelamat Argentina.

Kiper Aston Villa tersebut berhasil menepis dua tendangan penalti yang dilesakkan Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni.

Berkat aksi gemilang Emi Martinez, Argentina mengunci gelar Piala Dunia 2022 dengan skor adu penalti 4-2.

Selain Lionel Messi dan Emiliano Martinez, laga final Piala Dunia 2022 juga menjadi panggung bagi Kylian Mbappe. Pemain 23 tahun tersebut sukses mencetak hattrick.

Tiga gol Mbappe tersebut merupakan hattrick pertama di final Piala Dunia sejak terakhir kali dilakukan pemain Inggris, Geoff Hurst, pada edisi 1966.

Hattrick yang dicetak Mbappe juga menjadikan pemain Paris Saint-Germain tersebut sebagai top skor Piala Dunia 2022 dengan raihan 8 gol sepanjang kompetisi.

Hasil Piala Dunia 2022

Berikut ini merupakan hasil lengkap Piala Dunia 2022.

1. Daftar juara Piala Dunia 2022:

  • Juara: Argentina.
  • Runner-up: Prancis.
  • Juara 3: Kroasia.
  • Juara 4: Maroko.

2. Top skor Piala Dunia 2022:

  • 8 gol: Kylian Mbappe (Prancis).
  • 7 gol: Lionel Messi (Argentina).
  • 4 gol: Julian Alvarez (Argentina), Olivier Giroud (Prancis).
  • 3 gol: Richarlison (Brasil), Enner Valencia (Ekuador), Marcus Rashford (Inggris), Bukayo Saka (Inggris), Cody Gakpo (Belanda), Goncalo Ramos (Portugal), Alvaro Morata (Spanyol).

3. Peraih penghargaan individu:

  • Golden Ball: Lionel Messi (Argentina).
  • Golden Boot: Kylian Mbappe (Prancis).
  • Golden Glove: Emiliano Martinez (Argentina).
  • Pemain muda terbaik: Enzo Fernandez (Argentina).
  • Penghargaan fair play: Inggris.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER