Atap Stasiun Kereta Cepat Bocor meskipun Belum Setahun Dibangun, KCIC Buka Suara

6 November 2023 16:11 WIB

Narasi TV

Suasana pelayanan penumpang kereta cepat Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta pada Sabtu (4/11/2023). (ANTARA/HO-PT KCIC)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Baru baru ini beredar video di media sosial terkait bocornya atap stasiun kereta cepat Halim setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (4/11/2023).

Video tersebut dibagikan oleh akun X @txtdrjkt pada Minggu, 5 November 2023. "Belum genap satu tahun kereta cepat Halim sudah bocor," tulis keterangan dalam video tersebut.

Setelah video tersebut beredar luas dan mendapatkan berbagai respons dari masyarakat, Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) akhirnya buka suara.

Eva Chairunisa selaku General Manager Corporate Secretary PT KCIC mengungkapkan bahwa pengujian saluran air belum bisa dilakukan di Stasiun Kereta Cepat Halim saat debit air tinggi.

"Pembangunan atap Stasiun Kereta Cepat Halim dilakukan pada saat musim kemarau, sehingga pengujian saluran air belum dapat dilakukan saat debit air tinggi karena intensitas hujan tinggi (hujan deras)," ungkap Eva dalam keterangannya pada Ahad, 5 November 2023, dikutip dari Tempo.co.

PT KCIC telah berkoordinasi dengan Wika Konstruksi

Terkait masalah kebocoran, Eva juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Wika Konstruksi selaku kontraktor.

Mereka telah sepakat untuk melakukan pengecekan dan menyisir titik-titik lainnya di seluruh stasiun untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali.  

"KCIC bersama Wika telah melakukan komunikasi dan koordinasi serta bergerak cepat agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang optimal," jelas Eva.

Menurut Eva, Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat kemarin.

"Pada Minggu (5/11) pagi ini, kondisi cuaca cerah dan pelayanan di Stasiun Kereta Cepat Halim juga berlangsung normal. Pihak Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat kemarin dan diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat,"  ungkap Eva, dikutip dari Liputan6.

"Diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat," tambah Eva.  

PT KCIC memohon maaf

Dalam kesempatan yang sama, Eva juga menyampaikan permohonan maaf atas nama PT KCIC atas ketidaknyamanan penumpang karena atap stasiun yang bocor.

"KCIC memohon maaf jika ada ketidaknyamanan yang terjadi karena hujan lebat di sekitar area Stasiun Halim," pungkas Eva.

Selain itu, Eva juga menyatakan bahwa tak semua foto atau video tentang kondisi stasiun yang rusak merupakan Stasiun Kereta Cepat Halim.

Menurutnya, terdapat hoaks yang memperlihatkan adanya kondisi kerusakan lain di Stasiun Kereta Cepat Halim selain kebocoran atap.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR