Tips Menemani Pasangan yang Sedang Mengalami Baby Blues Syndrome

19 Aug 2023 09:08 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi ibu yang baru melahirkan dan terserang baby blues. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Belakangan ini, media sosial diramaikan dengan cerita salah seorang teman warganet yang istrinya meninggal karena baby blues. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan soal baby blues oleh orang sekitarnya. Lantas, bagaimana menangani pasangan yang mengalami baby blues?

Baby blues syndrome adalah masalah psikologis yang dialami ibu pasca melahirkan. Kondisi ini berbeda dengan depresi pasca melahirkan atau postpartum depression. Biasanya baby blues syndrome berlangsung tidak lebih dari dua minggu. Meski begitu, bukan berarti seorang yang mengalami baby blues tidak bisa depresi.

Menurut survei, hampir sekitar 70-80 persen perempuan melahirkan di dunia mengalami baby blues syndrome. Sayangnya, di Indonesia sendiri belum memiliki layanan kesehatan mental pasca melahirkan yang memadai sehingga penanganannya kurang maksimal.

Kondisi baby blues perlu menjadi perhatian, terutama bagi orang-orang di sekitar perempuan melahirkan, salah satunya adalah pasangan. 

Sebagai orang terdekat, perlu bagi pasangan untuk menjadi support system bagi istri yang mengalami baby blues. Jangan sampai pasangan justru menganggap istri terlalu berlebihan ketika menunjukkan gejala baby blues.

Tips menangani baby blues

Berikut ini tips yang bisa dilakukan pasangan jika istri sedang mengalami baby blues pasca melahirkan:

  • Pastikan selalu menemani

Setelah melahirkan, istri akan sering terbangun ketika si kecil menangis tengah malam untuk menyusu. Kamu bisa menemani istrimu dengan ikut bangun dan menjaganya. Dengan begitu, istri tidak akan merasa sendirian.

  • Menjadi pendengar yang baik

Daripada menyebut istri terlalu berlebihan, lebih baik luangkan waktu untuk mendengarkan keluhan dan cerita istri. Tunda semua aktivitasmu dan berbicaralah berdua dengan istri agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.

  • Ikut aktif mengurus bayi

Setelah melahirkan, waktu istri seolah tersita untuk mengurus si kecil. Sebagai pasangan, kamu wajib ikut mengurus si kecil dengan cara menggendong, menggantikan popok, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika kamu meminta istri untuk beristirahat sejenak agar tidak terlalu lelah atau stress.

  • Aktif menyelesaikan pekerjaan rumah

Ketika istri sedang mengurus si kecil, kamu bisa ikut aktif menyelesaikan pekerjaan rumah. Dengan begitu, istri tidak akan merasa kewalahan karena harus menyelesaikan semuanya dalam satu waktu.

  • Pastikan asupan gizi seimbang

Pastikan asupan gizi seimbang bagi ibu karena ia membutuhkan banyak energi untuk menyusui dan mengurusnya. Pastikan juga kebutuhan vitamin dan cairannya terpenuhi agar ibu tidak dehidrasi.

  • Ajak istri jalan-jalan

Mengurus si kecil tentu menghabiskan banyak waktu dan energi. Terkadang istri menjadi tidak sempat menghibur diri sehingga rentan bosan dan stress. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan dan menitipkan si kecil kepada orang tua atau kerabat. Alternatif lain, kamu juga bisa mengambil alih tugas menjaga si kecil ketika istri sedang me time.

Jika baby blues ini terus berlanjut, kamu bisa menemani istri untuk datang ke psikolog. Ingat, keberadaan suami sangat dibutuhkan selama istri mengalami baby blues. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER