Benarkah "Friday the 13th" Merupakan Hari Buruk? Cek Faktanya Disini

13 Januari 2023 06:02

Narasi TV

Raja George VI dan Ibu Suri di luar Istana Buckingham yang mengalami kerusakan akibat bom pada 13 September 1940. (Sumber: Royal.uk)

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Rizal Amril

Dalam kalender Gregorian, “Friday the 13th” jatuh pada hari ini, Jumat (13/01/2023). Dalam kalender bikinan Aloysius Lilius ini, hari ini merupakan tanggal yang dilingkupi mitos-mitos mengerikan.

Dalam kalender Gregorian, hari Jumat bertanggal 13 akan terjadi setidaknya satu kali dalam satu tahun.

Mitos mengerikan dari Friday the 13th bermula ketika agama Kristen mulai masuk dan menyebar. 

Dalam agama Kristen, ada sebuah kejadian yang bernama Perjamuan Terakhir, dalam perjamuan tersebut seorang tamu yang menjadi tamu ke-tiga belas bernama Yudas Iskariot. 

Meskipun Yudas Iskariot merupakan salah satu tamu yang terpilih untuk mengikuti perjamuan dengan Yesus, namun sosoknya malah menjadi seseorang yang mengkhianati Yesus dengan cara menyerahkan Yesus kepada imam-imam untuk dieksekusi dengan imbalan 30 keping perak.

Sementara itu, pemilihan di Hari Jumat disinyalir karena cerita Adam dan Hawa yang jatuh dalam dosa dengan memakan buah khuldi juga jatuh pada hari Jumat. Selain itu, kisah disalibnya Yesus juga jatuh pada hari Jumat, yang disebut juga dengan Jumat Agung.

Rentetan peristiwa yang terjadi pada “Friday the 13th” tersebut kemudian membuat banyak orang mengasosiasikan tanggal tersebut dengan kesialan dan hal-hal buruk.

Mitos tersebut kemudian diadaptasi dalam budaya populer seperti film horor berjudul Friday the 13th (1980), yang mengisahkan tentang seorang pembunuh yang dilengkapi dengan topeng hoki. 

Beberapa kejadian aneh pada Jumat tanggal 13

Dalam sejarah, terdapat kejadian buruk yang pernah terjadi saat Friday the 13th berlangsung. 

Berikut ini merupakan lima buruk yang pernah terjadi pada hari Jumat bertanggal 13:

  1. Peristiwa pengeboman Buckingham Palace (13 September 1940)
  2. Bursa saham menurun drastis (13 Oktober 1989)
  3. Jatuhnya pesawat Uruguay Flight 571 (13 Oktober 1972)
  4. Australia dilanda kebakaran besar “Black Friday” ( 13 Januari 1939)
  5. Munculnya malware komputer Friday the 13th Virus (13 Januari 1989) 

Bagi sebagian orang yang percaya, Friday the 13th memang membawa nasib buruk dan membawa berbagai kejadian sial yang bisa saja terjadi. 

Namun, bagi orang yang menganggap Friday the 13th adalah salah satu mitos, maka kejadian buruk atau nasib buruk yang terjadi hanyalah sebuah bagian dari ‘kebetulan’ semata.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya