Benarkah "Friday the 13th" Merupakan Hari Buruk? Cek Faktanya Disini

13 Januari 2023 18:01 WIB

Narasi TV

Raja George VI dan Ibu Suri di luar Istana Buckingham yang mengalami kerusakan akibat bom pada 13 September 1940. (Sumber: Royal.uk)

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Rizal Amril

Dalam kalender Gregorian, “Friday the 13th” jatuh pada hari ini, Jumat (13/01/2023). Dalam kalender bikinan Aloysius Lilius ini, hari ini merupakan tanggal yang dilingkupi mitos-mitos mengerikan.

Dalam kalender Gregorian, hari Jumat bertanggal 13 akan terjadi setidaknya satu kali dalam satu tahun.

Mitos mengerikan dari Friday the 13th bermula ketika agama Kristen mulai masuk dan menyebar. 

Dalam agama Kristen, ada sebuah kejadian yang bernama Perjamuan Terakhir, dalam perjamuan tersebut seorang tamu yang menjadi tamu ke-tiga belas bernama Yudas Iskariot. 

Meskipun Yudas Iskariot merupakan salah satu tamu yang terpilih untuk mengikuti perjamuan dengan Yesus, namun sosoknya malah menjadi seseorang yang mengkhianati Yesus dengan cara menyerahkan Yesus kepada imam-imam untuk dieksekusi dengan imbalan 30 keping perak.

Sementara itu, pemilihan di Hari Jumat disinyalir karena cerita Adam dan Hawa yang jatuh dalam dosa dengan memakan buah khuldi juga jatuh pada hari Jumat. Selain itu, kisah disalibnya Yesus juga jatuh pada hari Jumat, yang disebut juga dengan Jumat Agung.

Rentetan peristiwa yang terjadi pada “Friday the 13th” tersebut kemudian membuat banyak orang mengasosiasikan tanggal tersebut dengan kesialan dan hal-hal buruk.

Mitos tersebut kemudian diadaptasi dalam budaya populer seperti film horor berjudul Friday the 13th (1980), yang mengisahkan tentang seorang pembunuh yang dilengkapi dengan topeng hoki. 

Beberapa kejadian aneh pada Jumat tanggal 13

Dalam sejarah, terdapat kejadian buruk yang pernah terjadi saat Friday the 13th berlangsung. 

Berikut ini merupakan lima buruk yang pernah terjadi pada hari Jumat bertanggal 13:

  1. Peristiwa pengeboman Buckingham Palace (13 September 1940)
  2. Bursa saham menurun drastis (13 Oktober 1989)
  3. Jatuhnya pesawat Uruguay Flight 571 (13 Oktober 1972)
  4. Australia dilanda kebakaran besar “Black Friday” ( 13 Januari 1939)
  5. Munculnya malware komputer Friday the 13th Virus (13 Januari 1989) 

Bagi sebagian orang yang percaya, Friday the 13th memang membawa nasib buruk dan membawa berbagai kejadian sial yang bisa saja terjadi. 

Namun, bagi orang yang menganggap Friday the 13th adalah salah satu mitos, maka kejadian buruk atau nasib buruk yang terjadi hanyalah sebuah bagian dari ‘kebetulan’ semata.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR