Pratiwi Sudarmono, Astronot Perempuan Pertama dari Asia asal Indonesia

12 Januari 2023 03:45

Narasi TV

Foto Pratiwi Sudarmono dalam sesi pemotretan bersama NASA. (Sumber: Twitter/@aisoffice)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pratiwi Sudarsono merupakan orang pertama dari Indonesia yang menjadi astronot. Tak hanya menjadi yang pertama di Indonesia, perempuan bergelar doktor bidang kesehatan tersebut juga tercatat dalam sejarah sebagai astronot perempuan pertama dari Asia.

Kisah membanggakan tersebut terjadi pada tahun 1986. Kala itu, Pratiwi Sudarmono bekerja sebagai astronot untuk National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Pada tahun tersebut, perempuan kelahiran tanah Bandung tersebut mendapatkan misi menerbangkan pesawat luar angkasa untuk membawa satelit yang direncanakan akan mengorbit ke bumi.

Kala itu, kabar Pratiwi Sudarmono yang akan terbang ke luar angkasa beredar luas secara internasional. Namun, misi tersebut kemudian dibatalkan oleh NASA karena adanya kecelakaan.

Jadi astronot walau tidak bergelar astronom

Bernama lengkap Pratiwi Pujilestari Sudarsono, astronot pertama Indonesia ini lahir pada 31 Juli 1953. Dalam buku Indonesia Destinies (2009) karya Theodore Friend, Pratiwi Sudarmono menceritakan bahwa ia lahir dalam keluarga ningrat Solo.

Sebagai perempuan ningrat, Pratiwi berkisah bahwa jalan menuju cita-citanya sebagai astronot begitu sulit.

Dalam perjalanannya, ia memilih untuk mengikuti studi kedokteran di Universitas Indonesia (UI) dan menerima predikat master pada 1977, alih-alih mengikuti studi astronomi.

Setelah lulus S2 di UI, Pratiwi bekerja sebagai staf pengajar dan peneliti di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UI.

Pada 1980-an, Pratiwi kemudian melanjutkan studinya di Research Institute For Microbial Diseases, Osaka University.

Pratiwi Sudarmono kemudian meraih gelar doktor bidang kedokteran pada 1984 dari Osaka University.

Setahun berselang, pada 1985, mimpi masa kecil Pratiwi Sudarmono untuk menjadi astronot terbuka lebar. Kala itu, Indonesia menjalin kerja sama dengan NASA dalam misi Space Shuttle Columbia STS-61-H yang akan dilakukan pada 24 Juni 1986. 

Misi tersebut bertujuan untuk membawa tiga satelit komersial, yaitu Skynet 4A, Westar 6S, dan Palapa B3. Satelit yang disebut terakhir merupakan milik Indonesia.

Nama Pratiwi Sudarmono dipilih dari 207 kandidat yang akan diikutkan dalam misi tersebut.

Gagal berangkat karena insiden memilukan

Pratiwi Sudarmono dijadwalkan akan terbang ke luar angkasa pada 24 Juni 1986, namun misi tersebut dibatalkan oleh NASA. 

Pembatalan tersebut terjadi karena insiden meledaknya pesawat Space Shuttle Challenger pada 28 Januari 1986, lima bulan sebelum keberangkatan Pratiwi Sudarmono.

Space Shuttle Challenger meledak di udara setelah hanya 73 detik lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, AS. Insiden ini menewaskan ketujuh astronot di dalamnya dan ditayangkan secara internasional.

Tragedi memilukan ini mendorong NASA untuk membatalkan sederet misi penerbangan luar angkasa lainnya, termasuk penerbangan Columbia Shuttle milik Pratiwi, yang dijadwalkan berangkat pada 24 Juni 1986.

Demikian informasi seputaran Pratiwi Sudarmono, sosok perempuan pertama di Indonesia bahkan Asia yang dipilih NASA untuk bergabung dalam misi penerbangan luar angkasa. 

Meski gagal berangkat, namun capaian Pratiwi Sudarmono merupakan capaian yang membanggakan untuk publik Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya