Pentingnya Membersihkan AC secara Rutin, Berapa Bulan Sekali?

22 Jan 2024 19:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi AC. Sumber: Antara/Pixabay.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Setiap perangkat elektronik harus dirawat dengan baik supaya kualitasnya tetap terjaga dan masa pakainya semakin panjang. Dengan melakukan perawatan berkala, berbagai kerusakan barang elektronik dapat dicegah. 

Hal ini juga berlaku pada AC yang harus dibersihkan secara rutin agar kualitas udara yang dihasilkan tetap bagus. Sebab, filter di dalam AC dirancang untuk menyaring debu dan polutan lain. Jika tidak dibersihkan secara teratur, filter dapat tersumbat dan pada akhirnya akan menghasilkan udara yang kotor. 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan AC? Setiap berapa bulan sekali AC sebaiknya dicuci?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang waktu yang ideal untuk mencuci AC, kamu perlu memahami pentingnya membersihkan AC secara rutin. 

Mengapa AC perlu dicuci?

Semakin sering digunakan, semakin sering filter AC harus dibersihkan. Jika terlalu lama tidak dicuci, kotoran di filter AC akan menumpuk dan makin sulit untuk dibersihkan. 

Penumpukan kotoran pada filter AC akan membuat performa AC menjadi kurang maksimal. Penurunan kinerja AC biasanya ditandai dengan suhu AC menjadi tidak sedingin biasanya. Jika sudah seperti ini, maka tandanya AC sudah perlu dicuci. 

Membersihkan AC secara rutin juga dapat membuat AC menjadi lebih awet sekaligus mengurangi biaya listrik. AC yang bersih membuat mesin tidak kelebihan beban dan harus bekerja lebih keras. Jika AC bekerja terlalu keras, daya listrik yang digunakan juga akan lebih besar sehingga tagihan listrik akan turut membengkak. 

Selain itu, AC yang kotor dapat menjadi sarang kuman, bakteri, dan kotoran lainnya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi kesehatan penghuni rumah. 

Berapa bulan sekali AC perlu dicuci?

Idealnya, AC dibersihkan setiap minimal tiga bulan sekali. Namun, waktu mencuci AC sebaiknya juga mempertimbangkan faktor lain seperti frekuensi penggunaan AC atau ada tidaknya perokok di ruangan yang dipasang AC. 

Semakin sering kamu menggunakan AC, maka harus semakin sering dibersihkan filternya. Begitu pula jika ada orang yang merokok di dalam ruangan ber-AC. 

Di luar patokan tersebut, kamu juga harus mengetahui tanda-tanda bahwa mesin atau filter AC sudah kotor dan sudah waktunya untuk dicuci. Tanda-tanda itu di antaranya ketika AC menghembuskan udara panas alih-alih dingin. Selain itu, AC juga harus segera dibersihkan jika timbul bau yang kurang sedap. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER