14 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

4 September 2023 16:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi bahan makanan yang disimpan di kulkas. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kulkas menjadi salah satu tempat penyimpanan yang ada di rumah. Berbagai bahan makanan, minuman ringan, makanan yang tak habis dimakan, dan cemilan bisa dimasukkan dalam kulkas agar lebih awet. Namun, tidak semua makanan boleh disimpan dalam kulkas.

Faktanya, menyimpan makanan di dalam kulkas dapat mengurangi nutrisi dan kadar gizi dalam makanan tersebut. Ada pula makanan yang justru menjadi rusak ketika disimpan dalam kulkas. 

Apa saja makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas? Simak penjelasannya berikut ini!

Makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas

Berikut jenis-jenis makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas:

  • Roti

Jangan salah, menyimpan roti di dalam kulkas justru akan membuatnya kering. Roti dengan kualitas yang baik seperti roti gandum dapat menjadi rusak jika disimpan dalam kulkas, apalagi untuk waktu yang lama.

  • Buah-buahan

Buah-buahan seperti alpukat, melon, apel, pisang, dan peach sangat disarankan untuk tidak disimpan dalam kulkas. Hal tersebut karena dapat menghilangkan rasa dan tekstur asli buah. Jika ingin menikmati buah yang dingin, potong buah tersebut dan simpan selama 30 menit dalam kulkas sebelum disantap.

  • Dressing salad

Dressing salad yang berbahan dasar minyak lebih baik tidak disimpan dalam kulkas. Sebaliknya, krim, yoghurt, atau yang berbasis mayonaise harus disimpan dalam kulkas. 

  • Sereal

Sereal yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami penurunan nutrisi. Sebaiknya jangan simpan sereal di dalam kulkas, terlebih dalam waktu yang lama.

  • Kopi

Kulkas juga bukan menjadi tempat penyimpanan yang baik bagi kopi. Kopi membutuhkan tempat yang kedap udara agar tidak mengalami penurunan kualitas dan aroma. 

  • Madu

Kualitas dan nutrisi dalam madu justru akan rusak jika kamu menyimpannya di dalam kulkas. Ingat, madu termasuk makanan yang awet tanpa harus kamu simpan dalam kulkas.

  • Selai kacang

Sebaiknya selai kacang disimpan di ruang terbuka atau suhu ruangan. Hal ini akan membuat selai kacang lebih tahan lama meski tidak disimpan di dalam kulkas.

  • Ikan sarden

Ikan sarden juga menjadi salah satu makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Hal tersebut karena ikan sarden kalengan bisa lebih tahan lama tanpa harus dimasukkan dalam kulkas.

  • Saus tomat

Selanjutnya yaitu saus tomat. Makanan ini tidak perlu kulkas agar awet karena kualitasnya pun akan tetap baik-baik saja tanpa disimpan dalam kulkas.

Bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas

Berikut bahan-bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas:

  • Bawang

Kualitas bawang akan menurun jika disimpan dalam kulkas. Apalagi bawang sangat rentan busuk dan mudah bertunas jika disimpan di tempat yang lembab.

  • Cabai

Menyimpan cabai di dalam kulkas justru akan membuatnya busuk. Kamu bisa menyimpan cabai di tempat terbuka dan tidak terkena sinar matahari langsung. Pastikan kamu menyimpan dengan bersih dan kering.

  • Minyak

Alih-alih menjadi awet, minyak justru akan membeku dan kualitasnya menurun jika disimpan di dalam kulkas.

  • Tomat

Sebaiknya jangan menyimpan tomat di dalam kulkas karena dapat membuatnya busuk dan lembek. Apalagi jika disimpan dalam waktu yang lama.

  • Kentang

Kulkas dapat memengaruhi rasa kentang. Oleh karena itu, hindari menyimpan kentang di kulkas. Selain itu, jangan menyimpan kentang di dalam kantong plastik karena dapat mempercepat proses pembusukan.

Itu tadi berbagai jenis dan bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR