Biaya Cabut Gigi di Puskesmas Terbaru Lengkap Beserta Prosedurnya

10 Januari 2024 14:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pemeriksaan gigi. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi kamu yang ingin cabut gigi di Puskesmas tetapi tidak memiliki BPJS Kesehatan, tak perlu khawatir. Pasalnya, cabut gigi bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk yang tidak memiliki BPJS Kesehatan. Lantas, berapa biaya cabut gigi di Puskesmas?

Cabut gigi merupakan salah satu treatment perawatan gigi yang direkomendasikan. Penyebabnya bisa karena gigi rusak, terinfeksi, penyakit gusi, gigi ekstra yang menghalangi gigi lain untuk tumbuh, dan gigi bungsu yang seringkali membuat nyeri pada gusi.

Biaya cabut gigi ini bervariasi, tergantung jenis gigi yang dicabut dan kebijakan masing-masing puskesmas. Secara umum, biaya cabut gigi di puskesmas jauh lebih terjangkau dibanding praktik dokter gigi swasta.

Berapa biaya cabut gigi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Biaya cabut gigi

Berikut kisaran biaya cabut gigi:

  • Cabut gigi di Puskesmas

Biaya cabut gigi di Puskesmas mulai dari Rp30.000-100.000 tergantung pada jumlah gigi yang dicabut, jenis gigi, dan tingkat keparahannya. Faktor lain yang memengaruhi biaya cabut gigi adalah wilayah puskesmas.

  • Cabut gigi di Klinik Gigi

Biaya cabut gigi di Klinik Gigi biasanya jauh lebih mahal yaitu Rp200.000-400.000 tergantung jenis gigi yang dicabut dan tindakan yang diambil. Harganya pun cenderung tidak tetap. Pastikan kamu memilih klinik gigi yang memiliki kredibilitas dan mengutamakan kebersihan.

  • Cabut gigi di Rumah Sakit

BIaya cabut gigi di rumah sakit bisa lebih mahal lagi kisaran Rp450.000-1.500.000 tergantung jenis gigi yang dicabut dan permasalahannya. Bisa jadi kamu juga memiliki masalah gigi lainnya yang menjadi pertimbangan dokter di rumah sakit untuk melakukan tindakan.

Prosedur cabut gigi

Sebelum cabut gigi, ada beberapa prosedur yang harus dilewati. Berikut prosedur umum yang biasa dilakukan saat cabut gigi di Puskesmas:

  • Periksa gigi

Pada tahap awal, gigi akan diperiksa terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mengecek apakah ada komplikasi atau kondisi lain yang menyulitkan proses cabut gigi.

  • Konsultasi

Selanjutnya, dokter akan menjelaskan kondisi gigi dan prosedur yang dilakukan. Jika kondisinya bagus, maka cabut gigi bisa dilakukan saat itu juga. Jika tidak, maka ada prosedur lain yang harus dilakukan oleh pasien.

  • Cabut gigi

Proses cabut gigi akan menggunakan alat khusus. Dokter akan memberi anestesi (bius) lokal untuk menghilangkan rasa sakit. Kemudian dokter akan melonggarkan gigi di gusi menggunakan elevator. Terakhir, dokter akan menempatkan forceps di sekitar gigi dan menarik gigi keluar dari gusi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR