Rincian Biaya Vaksin HPV bagi Orang Dewasa di Rumah Sakit dan Klinik

24 Apr 2024 17:04 WIB

thumbnail-article

Pelaksanaan program vaksinasi HPV (Human Papillomavirus) di sekolah dasar. (Sumber: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Vaksin HPV adalah program imunisasi untuk melindungi tubuh dari human papillomavirus (HPV). Tujuannya adalah mencegah risiko kanker di area kelamin dan organ reproduksi. Lalu, berapakah biaya vaksin HPV di Indonesia?

HPV dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker di organ kelamin. Beberapa penyakit yang bisa timbul dari HPV adalah kanker serviks, vulva, vagina, penis, dan anus. Virus ini dapat menular lewat kontak langsung dengan kulit, terlebih saat berhubungan seksual.

Sejauh ini, vaksinasi HPV menjadi program wajib pemerintah yang menyasar anak-anak yang memasuki masa remaja. 

Oleh karena itu, vaksinasi HPV diberikan secara gratis. Bagi orang dewasa juga bisa melakukan vaksinasi HPV. Khusus bagi kelompok usia 27-45 tahun harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Vaksinasi HPV dapat diberikan kepada orang dewasa yang sudah menikah atau aktif secara seksual. Sebelum itu, dokter pasti akan menanyakan terkait riwayat kesehatan, alergi, gaya hidup, dan aktivitas seksual pasien.

Biaya vaksin HPV

Ada dua jenis vaksin HPV yang diberikan dan populer di Jakarta dan sekitarnya. Vaksin ini di antaranya adalah Cervarix dengan harga Rp700.000-800.000 dan Gardasil dengan harga Rp1.200.000-1.300.000. Harga ini merupakan harga sekali suntik.

Sebagai perbandingan, berikut biaya vaksin HPV di rumah sakit dan klinik sekitar Jabodetabek:

  • Laboratorium Klinik Prodia Women’s Health Center (PWHC)
    Harga vaksin HPV yang ditawarkan oleh laboratorium jaringan Prodia ini berkisar Rp3.100.000 untuk tiga kali periode vaksinasi. Tidak hanya vaksin HPV, kamu juga bisa mencoba layanan unggulan lainnya seperti mammografi, kolposkopi, dan vaksin kanker serviks.
  • RSIA Brawijaya Antasari
    Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya Antasari berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Harga vaksin HPV di sini berkisar Rp1.000.000 per satu kali suntik.
  • MRCCC Siloam Hospitals Semanggi
    MRCCC Siloam Hospitals Semanggi khusus menangani pemulihan dan pengobatan kanker. Tak heran jika pelayanan vaksin HPV di sini termasuk yang terbaik di wilayah Jabodetabek. Harga vaksin HPV di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi berkisar Rp950.000 per satu kali suntik.
  • RS dr. Abdul Radjak Cileungsi
    Rumah sakit ini memberikan layanan kesehatan berupa vaksinasi HPV dengan harga mulai dari Rp950.000.
  • Rumah Sakit Elang Medika Corpora Sentul
    RS EMC Sentul berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Pelayanan kesehatan di sini cukup baik, didukung oleh tim dokter profesional dan peralatan medis yang canggih. Harga vaksin HPV di RS EMC Sentul berkisar Rp2.500.000.
  • Artemisia Womens and Childrens Clinic
    Artemisia Women’s and Childrens Clinic berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. Klinik ini menyediakan pelayanan vaksin HPV terbaik di Kota Tangerang. Harga vaksin HPV berkisar Rp1.200.000.
  • Kiara Healthcare
    Berlokasi di Apartemen Signature Park Grande, Jakarta Timur, Kiara Healthcare menyediakan vaksin HPV terbaik di wilayah Jabodetabek. Harga vaksin HPV yang ditawarkan berkisar Rp1.850.000.

Manfaat vaksin HPV

World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar vaksin HPV dilakukan untuk menekan dan mencegah kasus kanker serviks dan penis. 

Oleh karena itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun memasukkan vaksin HPV dalam program imunisasi dasar lengkap.

Vaksin HPV akan bekerja lebih optimal jika diberikan sebelum terkena virus dan belum melakukan hubungan seksual secara aktif. Hal ini menjadi alasan pemberian vaksin HPV kepada anak berusia 9-14 tahun.

Jadi, manfaat vaksinasi HPV tidak hanya bisa dirasakan oleh perempuan, tetapi juga laki-laki. 

Bagi perempuan, virus HPV dapat menyebabkan kutil kelamin, anus, kanker vagina, kanker vulva, dan kanker serviks. Bagi laki-laki, virus HPV dapat menyebabkan kutil penis, kanker anus, kanker penis, kanker mulut, dan kanker tenggorokan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER