Black Steel Juara AFF Futsal Club 2023, Jadi Klub Ketiga dari Indonesia yang Meraihnya

8 May 2023 20:05 WIB

thumbnail-article

Skuad Black Steel FC Papua ketika mengangkat piala AFF Futsal Club Championship 2023. (Sumber: Instagram/blacksteelfcmanokwari)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Klub futsal Black Steel FC Papua berhasil menjuarai AFF Futsal Club 2023 setelah mengalahkan Hongyen Thakam di laga final yang diselenggarakan pada Minggu (07/05/2023).

Kemenangan di Stadion Terminal 21 Hall Korat, Nakhon Ratchasima, Thailand tersebut membuat Black Steel menjadi klub ketiga asal Indonesia yang memenangi kejuaraan tersebut.

Kemenangan Black Steel FC Papua di AFF Futsal Club Championship 2023 patut diapresiasi. 

Pasalnya, Hongyen Thakam berhasil unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol cepat dari Therdsak Charoenphong. 

Situasi pertandingan juga semakin sulit bagi Black Steel FC Papua setelah pelatih mereka Rakhpol Sainetngam mendapat kartu merah karena melakukan protes berlebihan.

Namun, Black Steel FC Papua tak menyerah dan berusaha keras untuk memburu gol penyama kedudukan di babak kedua. 

Usaha mereka membuahkan hasil tujuh menit menjelang laga berakhir dan mengakhiri babak kedua dengan skor 1-1. 

Duel pun dilanjutkan ke perpanjangan waktu, namun tak ada gol yang terjadi. Hasil imbang 1-1 pada adu penalti menjadi penentu juara.

Black Steel menjuarai AFF Futsal Club 2023 dengan memastikan kemenangan setelah kiper pengganti mereka, Muhammad Nasrulloh, tampil gemilang dengan berhasil mengadang eksekutor kelima Hongyen Thakam. 

Dengan skor akhir adalah 4-3 untuk kemenangan Black Steel FC Papua, klub asal Papua tersebut berhasil meraih gelar internasional pertamanya dalam sejarah klub. 

Prestasi Black Steel juara AFF Futsal Club 2023 ini menunjukkan bahwa futsal Indonesia memiliki potensi yang besar. 

Meski belum menjadi olahraga yang populer di Indonesia seperti sepak bola dan bulu tangkis, tetapi dengan adanya prestasi seperti ini, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengenal olahraga futsal dan memberikan dukungan pada klub-klub futsal di Indonesia.

Menjadi juara ketiga asal Indonesia

Raihan yang diperoleh Black Steel FC menambah banyak daftar klub asal Indonesia yang memenangi ajang AFF Futsal club Championship.

Sebelum Black Steel FC, dua klub asal Indonesia lainnya yakni Bintang Timur Surabaya dan IPC Pelindo berhasil meraih gelar juara AFF.

Bintang Timur Surabaya berhasil meraih gelar juara AFF pada musim 2022 lalu.

Sementara IPC Pelindo menjadi klub pertama yang jadi juara AFF ketika ajang tersebut pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 silam.

Selain itu, keberhasilan Black Steel FC meraih gelar juara juga menandai dua kali kekalahan klub Hongyen Thakam di dua final AFF secara beruntun.

Sebelum dikalahkan Black Steel, Hongyen Thakam juga kalah dari Bintang Timur Surabaya di final AFF musim 2022 lalu.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER