Blackpink Mengukir Sejarah, Grup K-Pop Pertama yang Jadi Headliner di Festival Musik Coachella

11 Jan 2023 16:01 WIB

thumbnail-article

Blackpink di MTV Video Music Awards 2022 di Prudential Center di Newark, New Jersey, AS. Foto: Reuters

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Girl group asal Negeri Ginseng, Blackpink, baru saja mengukir sejarah sebagai grup K-pop pertama yang jadi headliner atau penampil utama di festival musik Coachella.

Coachella Music Festival merupakan salah satu festival musik terbesar di Amerika Serikat yang telah digelar secara tahunan sejak 1999 hingga kini.

Melalui situs resminya, coachella.com, festival musik ini mengumumkan daftar line-up musisi yang akan tampil dalam gelaran Coachella 2023. Dalam poster terbaru Coachella, Blackpink menjadi salah satu headliner yang akan tampil.

Sebelumnya, pada tahun 2019, Blackpink pernah tampil di Coachella, namun bukan sebagai headliner

Kini, berkat kepopuleran girl group satu ini di kancah musik internasional, Blackpink mengukir sejarah menjadi artis K-pop pertama yang menjadi penampil utama festival Coachella 2023.

Girl group yang digawangi oleh Jennie, Lisa, Jisoo dan Rose ini akan menjadi penampil utama pada tanggal 15 dan 22 Aprill 2023 mendatang.

Selain BLACKPINK, Bad Bunny, dan Frank Ocean sebagai penampil utama, beberapa musisi besar lainnya juga ikut meramaikan panggung Coachella 2023 seperti Gorillaz, Rosalia, Idris Elba, Bjork, dan bintang musik lainnya.

Selain itu ada juga Jackson Wang, DPR Live dan DR Ian. Tidak hanya itu, DJ kondang Calvin Harris juga dipastikan akan kembali manggung di festival musik Amerika ini

Coachella sendiri merupakan festival musik dunia yang memiliki sejarah panjang. Melansir Culture Trip, pergelaran musik dan seni tahunan yang digelar di Empire Polo Club di Lembah Coachella, Gurun Colorado, Indio California, Amerika ini digelar pertama kali pada bulan Oktober 1999.

Festival musik ini diinisiasi oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen, yang dikelola oleh Golden Voice, anak perusahaan AEG Presents.

The Coachella Valley Music and Arts Festival menjadi surga bagi pecinta musik indie. Tidak hanya itu beragam genre musik juga hadir dalam pagelaran musik tahunan ini.

Coachella juga dikenal sebagai panggung festival yang mampu menghadirkan reuni nama-nama besar. 

Terbaru, pada gelaran tahun 2022, Coachella berhasil membuat artis K-pop 2ne1 melakukan reuni untuk pertama kalinya dengan membawakan lagu hits mereka "I Am The Best".

Sebelumnya, terdapat Pavement, Faith No More, The Specials, dan Iggy and The Stooges yang juga pernah menggelar reuni untuk pertama kalinya berkat pagelaran Coachella.

Pada Coachella edisi 2022 lalu, musisi asal Indonesia, NIKI dan Rich Brian, masuk sebagai line-up di Festival Musik dan Seni Coachella.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER