Sinopsis Film Jung_E, Film Terakhir Mendiang Kang Soo Yeon

10 Jan 2023 16:01 WIB

thumbnail-article

Poster film Jung_E (Sumber: Instagram/@netflixkr)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bagi kamu pecinta film Korea, bersiap-siaplah pada bulan Januari ini film berjudul Jung_E akan segera menyapamu.

Film Jung_E merupakan film bergenre sci-fi yang menceritakan distopia ketika umat manusia menghadapi ancaman kepunahan setelah planet bumi tak lagi bisa ditinggali karena kerusakan iklim.

Film ini dijadwalkan tayang pada Jumat, 20 Januari 2023 mendatang melalui layanan streaming Netflix.

Berdurasi 98 menit, Jung_E dibintangi oleh sejumlah aktor kawakan Korea Selatan seperti Kim Hyun Joo, Kang Soo Yeon, hingga Ryu Kyung Soo.

Ketiga nama aktor tersebut sudah banyak membintangi drama maupun film Korea, sebut saja Kim Hyun Joo pernah membintangi drama Naughty Kiss (2010) dan Ryu Jyung Soo yang mulai dikenal luas setelah membintangi Confession (2019).

Selain itu, film ini juga terbilang spesial lantaran menjadi film terakhir yang diperankan oleh mendiang Kang Soo Yeon yang meninggal pada Mei 2022 karena pendarahan otak.

Meninggalnya Kang Soo Yeon pada 2022 lalu menyimpan cerita naas karena aktor kelahiran 18 Agustus 1966 tersebut baru saja kembali ke industri perfilman sejak terakhir kali membintangi film Jury (2013) yang dirilis 10 tahun lalu.

Jung_E digarap oleh sutradara Yeon Sang Ho, sutradara di balik sederet film populer Korea Selatan seperti The King of Pigs (2011), Train To Busan (2016), Peninsula (2020), dan serial Hellbound (2021-2023).

Tak hanya menjadi sutradara, Yeon Sang Ho juga bertindak sebagai penulis naskah dalam film original Netflix satu ini.

Sinopsis film Jung_E (2023)

Film dengan genre action dan sci-fi ini berlatar abad ke-22 ketika planet bumi menjadi sangat tandus dan tidak dapat ditinggali lagi karena kerusakan ekosistem. 

Untuk menghadapi situasi tersebut, umat manusia mulai membuat tempat perlindungan untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI)

Akan tetapi, bukannya bersatu saling membantu menghindarkan diri dari kepunahan, manusia justru tetap bertikai.

Pertikaian tersebut kemudian menjadi peperangan yang melibatkan banyak pihak, salah satunya adalah Jung-E (Kim Hyun Joo).

Jung-E merupakan pemimpin pasukan elit persekutuan. Karena rekam jejaknya yang begitu cemerlang dalam hal kemiliteran, ia diikutkan dalam program eksperimen kloning otak.

Eksperimen tersebut dinilai merupakan kunci untuk memenangkan perang yang berkepanjangan.

Seo Hyun (Kang Soo Yeon), peneliti yang bertanggung jawab mengkloning otak Jung E dan mengembangkan teknologi AI, kemudian melangsungkan proyek kloning otak Jung-E.

Dalam menjalankan eksperimen tersebut, Seo Hyun dibantu oleh Sang Hun (Ryu Kyung Soo) direktur laboratorium tempat proyek kloning dilakukan. 

Akan tetapi, Seo Hyun dan Sang Hun justru menemukan hal tak terduga ketika melakukan kloning. Pikiran manusia ternyata tak sesederhana yang dibayangkan dua peneliti tersebut.

Ketika waktu yang tersisa tak lagi lama, akankah proyek kloning otak ini berhasil mengatasi kepunahan umat manusia?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER