Buntut Peristiwa Kanjuruhan, Mahfud MD: TGIPF Bakal Gali Penyakit PSSI dan Lapor ke Jokowi

7 Oktober 2022 10:00

Narasi TV

Menko Polhukam Mahfud MD saat berbicara di Mata Najwa: Tragedi Kanjuruhan, Kamis (7/10/2022). Foto: Ramadhan Yahya/Narasi

Penulis: Ani Mardatila

Editor: Ramadhan Yahya

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bakal menginvestigasi PSSI terkait dengan peristiwa Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa pada Sabtu (1/10/2022).

Mahfud menyebutkan TGIPF akan mengusut penyakit-penyakit di tubuh PSSI sebagai bentuk penanganan jangka panjang. Nantinya, hasil dari penyelidikan itu bakal menjadi rekomendasi untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

"Nah, tim ini akan menggali lebih jauh penyakit-penyakit PSSI yang selama ini selalu terulang nanti akan digali oleh tim ini untuk disampaikan sebagai rekomendasi yang lebih bersifat jangka panjang," kata Mahfud Dalam acara Mata Najwa: Tragedi Kanjuruhan #UsutsampaiTuntas pada Kamis (6/10/22).

Investigasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang Kanjuruhan

Mahfud mengatakan pengusutan jangka panjang meliputi latar belakang, budaya dan regulasi di PSSI.

"Yang jangka panjang yang menyangkut latar belakang, budaya, regulasi, dan sebagainya ini tim yang akan menyelesaikan (membuat laporan rekomendasi, disampaikan) kepada Presiden," jelas Mahfud.

Selain itu Mahfud juga menyatakan penanganan jangka pendek sedang dilakukan yaitu pengusutan dan penetapan enam tersangka yang sudah diumumkan Polri. Presiden juga sudah memerintahkan Menteri PUPR untuk mengaudit seluruh stadion di Indonesia.

“Yang jangka pendek sebenarnya sudah ada jawabannya ya, itu tadi penetapan tersangka, pemecatan, kemudian perintah renovasi stadion di seluruh Indonesia kepada PUPR. Itu yang untuk jangka pendek,”

Mahfud MD Sebut PSSI Lakukan Kesalahan Sejak Dulu

Mahfud juga sempat menyentil PSSI memang kerap melakukan kesalahan dan kerusuhan yang sebabkan jatuhnya korban jiwa.

“PSSI seringkali melakukan kesalahan-kesalahan, itu sejak dulu bukan hanya yang sekarang. Kejadian seperti ini kerusuhan kan sudah sering terjadi, korban jiwa sudah sering terjadi."

Dia juga sempat mengungkapkan tidak bisa sembarangan melakukan tindakan pada PSSI karena terhalang oleh aturan FIFA.

“PSSI tu terikat pada FIFA, ketika kita ingin melakukan tindakan di lapangan, sama FIFA nggak boleh, ada aturannya, oleh sebab itu saya katakan tim investigasi ini, tim independent ini akan menemukan fakta, adapun tindakan-tindakannya nanti diatur dengan FIFA,” kata Mahfud.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Tak Ada Zat Gas Air Mata di Tubuh Aremania Korban Kanjuruhan, Dokter: Hasil Pemeriksaan BRIN

TEKS

MA Kabulkan PK Jokowi, Pemerintah Lolos dari Vonis Melawan Hukum Karhutla

TEKS

Keluarga Korban Kanjuruhan Laporkan PSSI, PT LIB, Arema FC, dll Terkait Dugaan Pembunuhan Berencana

TEKS

Mahfud MD Larang Politik Identitas Tapi Bolehkan Identitas Politik, Maksudnya?

TEKS

Yang Terjadi Sebelum Iwan Bule Umumkan Percepat Kongres Luar Biasa PSSI

TEKS

PSSI Percepat Kongres Luar Biasa, Iwan Bule Minta Kompetisi Liga Diizinkan Lagi

VIDEO TERKAIT

13:11

Dokter TGIPF Kanjuruhan: Ada Senyawa Lain dalam Gas Air Mata

13:13

Pelaku Perkosaan di Kemenkop-UKM Dipecat

02:42

Mahfud MD: Batal SP3, Proses Hukum Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop UKM Dilanjutkan

23:41

Ancaman Siklus Gempa Cianjur, Jokowi Minta Bangun Rumah Tahan Gempa

12:04

Mahfud MD: "Tim Investigasi Selalu Ompong"

19:07

Korban Perkosaan di Kemenkop UKM Mencari Keadilan

14:08

Kasus Kanjuruhan Bikin Kepercayaan Publik terhadap Polri Merosot

14:35

Rekonstruksi Kasus Kanjuruhan Tanpa Adegan Gas Air Mata ke Tribun

13:18

FIFA Temui Jokowi, Sepakat Transformasi Sepak Bola Indonesia

24:15

Ada Apa dengan Polri? Dari Kasus Sambo, Kanjuruhan, Narkoba, Judi dan Dipanggil Jokowi

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya