OOTD Capsule Wardrobe, Tetap Tampil Stylish Meskipun Sedang Berhemat!

10 Juli 2023 13:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi capsule wardrobe. Sumber: Freepik.

Penulis: Shinta Dewi Anggraini

Editor: Margareth Ratih. F

Meskipun belum cukup populer di Indonesia, Capsule Wardrobe sudah cukup populer di beberapa negara asing seperti negara di Benua Eropa. Capsule Wardrobe adalah kondisi dimana lemari diisi dengan beberapa pakaian timeless yang bisa dipadukan satu sama lain baik formal maupun kasual.  

Keuntungan Capsule Wardrobe di antaranya hemat uang serta secara tidak langsung mendukung slow fashion yang berdampak baik bagi lingkungan. Menarik, bukan? Kalau begitu, ayo simak cara memilih pakaian yang cocok untuk capsule wardrobe.

Pakaian berwarna netral 

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai capsule wardrobe adalah pemilihan warna yang tepat. Untuk pemula, warna netral akan lebih mudah di mix and match sehingga dapat meminimalisir jumlah pakaian. Contoh warna netral yang harus dipilih adalah putih, krem, hitam, abu-abu, navy atau coklat. 

Pilih pakaian dengan warna aksen

Warna aksen adalah semua warna yang cocok dipadukan dengan warna-warna netral, namun tidak merusak perpaduan warna. Warna aksen dibutuhkan agar perpaduan warna terlihat tidak membosankan. Contoh warna aksen yang cocok dengan warna-warna netral adalah hijau zaitun, merah muda, biru tua dan warna karat.

Pilih motif yang klasik

Memilih warna netral bukan berarti harus menghindari pakaian bermotif. Pilihlah beberapa pakaian bermotif klasik seperti motif kotak-kotak atau bunga dengan warna dasar netral agar kamu tetap terlihat menonjol. Bukan hanya pakaian, kamu juga bisa “mengambil” jatah pattern tersebut untuk aksesoris seperti sepatu, tas ataupun ikat pinggang.

Cari pakaian yang serba guna

Selain memperhatikan warna dan motif, perhatikan juga jenis pakaian yang akan dipilih. Pilih lah blazer, celana bahan, coat, jaket serta dalaman seperti kaos atau manset yang berwarna netral dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalkan, ketika ingin terlihat formal, gunakan blazer dengan kemeja. Sementara untuk mendapatkan ‘casual look’, bisa menggunakan blazer dan kaos berwarna netral. 

Gunakan perhiasan simpel

Untuk membuat penampilan lebih ‘stand-out’ meskipun menggunakan baju yang ‘itu-itu’ saja, kamu bisa menggunakan beberapa perhiasan simpel seperti kalung, anting dan cincin. Pilihlah perhiasan berwarna keemasan yang cocok digunakan untuk sehari-hari maupun pada acara formal. 

Berpakaian dengan prinsip Capsule Wardrobe memang mendatangkan banyak keuntungan. Membuatmu semakin hemat karena mencegah belanja pakaian berlebihan, berkontribusi untuk kebaikan lingkungan dan juga tidak perlu mencuci banyak pakaian. Dan yang paling penting, kamu bisa tetap terlihat fashionable!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR