Cara Agar Tidak Dimasukkan ke Dalam Grup Telegram Secara Otomatis

28 Desember 2023 11:12 WIB

Narasi TV

Logo aplikasi Telegram. Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Dalam kehidupan sehari-hari pengguna aplikasi Telegram sering mengalami situasi yang kurang menyenangkan, yaitu masuk ke dalam grup tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Hal ini kerap kali terjadi di grup berjualan atau grup spam yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna. Agar dapat mengatasi masalah ini, pengguna perlu memahami cara agar tidak secara otomatis masuk ke dalam grup Telegram.

Platform pesan instan Telegram membedakan diri dengan platform lain dengan menggunakan sistem berbasis nama pengguna dan nomor telepon.

Sistem ini membuat pengguna lebih rentan masuk ke dalam grup spam karena setiap pengguna dapat ditambahkan ke dalam grup tanpa persetujuan mereka terlebih dahulu. Berbeda dengan platform lain seperti WhatsApp yang lebih membatasi penambahan ke grup hanya untuk orang-orang yang sudah memiliki kontak satu sama lain.

Langkah-langkah mengatasi masuk ke grup Telegram secara otomatis

  • Buka aplikasi Telegram: Pengguna perlu membuka aplikasi Telegram pada perangkat mereka.
  • Pilih Setting: Pilih opsi "Setting" yang biasanya terletak di sudut kanan bawah layar.
  • Pilih Privacy and Security: Dalam menu "Setting," lanjutkan dengan memilih opsi "Privacy and Security."
  • Pilih Privacy and Channel: Di dalam opsi "Privacy and Security," pilih "Privacy and Channel" untuk melanjutkan pengaturan privasi.
  • Ubah 'Who Can Add Me': Pada opsi "Privacy and Channel," ubah pengaturan 'Who Can Add Me' dari 'Everybody' menjadi 'My Contact.' Langkah ini membatasi siapa saja yang dapat menambahkan pengguna ke dalam grup.

Melalui langkah-langkah ini, pengguna dapat mengendalikan siapa yang dapat secara otomatis menambahkan mereka ke dalam grup. Ini membantu mencegah ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat masuk ke grup tanpa persetujuan.

Langkah-langkah alternatif

Selain langkah-langkah di atas, terdapat beberapa cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menghindari masuk ke grup Telegram secara otomatis:

  1. Report spam dan leave group

Telegram menyediakan fitur pelaporan untuk mengurangi masalah spam di grup. Jika pengguna masuk ke grup yang tidak jelas atau mengandung spam, mereka dapat menggunakan opsi "Report Spam" atau meninggalkan grup tersebut. Tindakan ini membantu Telegram dalam mengurangi grup-grup yang berpotensi merugikan.

  1. Block kontak yang tak dikenal

Mengenali orang-orang yang terus-menerus menambahkan pengguna ke grup dapat membantu menghindari masuk ke grup secara otomatis. Dengan memblokir kontak-kontak yang tidak dikenal, pengguna dapat mengendalikan siapa yang dapat berinteraksi dengan mereka di platform Telegram.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR