Cara Cek Daftar Produk yang Mendukung Okupasi Israel di Palestina

22 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Sebuah grafiti seruan boikot Israel di Betlehem, Tepi Barat yang diduduki Israel pada 3 November 2018. REUTERS/Stephen Farrell

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa mengenai haramnya membeli produk dari produsen yang mendukung agresi Israel ke Palestina.

Fatwa itu tertuang dalam Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 yang berisi tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina yang dikeluarkan pada 8 November 2023. 

Fatwa tersebut mewajibkan agar umat muslim di Indonesia mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi Israel dan mengharamkan dukungan terhadap agresi Israel di Palestina.

Dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina, salah satunya, dapat dilakukan dengan memboikot produk-produk yang terbukti terlibat dalam okupasi Israel di Palestina.

Akan tetapi, untuk melakukan boikot, masyarakat perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu agar aksi boikot dapat tepat sasaran.

Umumnya, produk-produk yang diboikot adalah merek produk yang secara terang-terangan mendukung okupasi Israel atau memiliki hubungan bisnis dengan militer Israel.

Cara cek daftar produk yang mendukung okupasi Israel

Dalam fatwanya, MUI sendiri tidak merilis daftar produk dan merek yang perlu ditinggalkan sehubungan dengan okupasi Israel di Palestina.

Oleh karenanya, untuk melakukan aksi boikot, Anda dapat mengecek sebuah produk yang hendak dibeli memiliki afiliasi dengan okupasi Israel di Palestina atau tidak.

Untuk mengeceknya, Anda dapat melakukan beberapa cara, seperti menggunakan laman web bdnaash atau dengan mengacu penjelasan gerakan-gerakan pemboikotan macam BDS.

1. Mengecek produk pro-Israel melalui laman web bdnaash

Baru baru ini muncul platform atau situs yang bisa digunakan untuk melihat produk yang memberi dukungan terhadap Israel bernama bdnaash.

Situs bdnaash dapat diakses semua orang dengan membuka laman web mereka. Dalam keterangan di laman web tersebut, bdnaash adalah "sebuah platform yang mempromosikan konsumerisme yang teliti dengan mengidentifikasi/memfasilitasi akses terhadap informasi mengenai perusahaan-perusahaan mana saja yang mendukung atau tidak mendukung pendudukan ilegal Israel atas Palestina."

Untuk mengecek sebuah produk melalui laman web bdnaash, berikut langkah yang perlu dilakukan:

  • Pertama, buka situs https://bdnaash.com/
  • Masukkan nama perusahaan atau merek pada kolom pencarian di halaman utama;
  • Kemudian tekan enter;
  • Hasil pencarian akan keluar di layar;
  • Situs akan memberikan informasi apakah merek tersebut pro-Israel atau tidak.

Jika perusahaan atau produk yang dicari masuk dalam daftar sebagai pendukung Israel maka hasilnya akan muncul dengan kotak merah dengan tulisan “This brand support Israel occupation”.

Namun sebaliknya, jika perusahaan atau produk tidak mendukung Israel maka hasil pencarian akan muncul kotak berwarna hijau bertuliskan “No record found on this brand”.

2. Cara cek produk pro-Israel melalui BDS

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencari tahu produk-produk yang mendukung Israel adalah dengan melakukan riset sederhana melalui situs seperti Palestinian Boycott, Divestment, and Sanctions (BDS) National Committee.

Organisasi BDS Palestina tersebut merupakan organisasi yang mendorong aksi boikot sebagai salah satu gerakan sipil untuk menolak okupasi Israel di Palestina.

Untuk mengecek produk pro-okupasi Israel, Anda dapat mengunjungi laman web BDS melalui alamat bdsmovement.net.

Anda dapat mencari produk-produk yang ditengarai terlibat dalam okupasi Israel di Palestina melalui artikel-artikel yang mereka rilis.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR