Cara Cek Penerima Program Indonesia Pintar 2023: Layanan Pembiayaan Pendidikan dari Kemendikbud RI

5 Mei 2023 11:05 WIB

Narasi TV

Salah satu penerima Program Indonesia Pintar pada 2019 lalu di Pontianak. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Bagaimana cara cek penerima indonesia pintar 2023? Pemerintah Indonesia melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud RI akan kembali menghadirkan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun ini.

PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal paket A sampai paket C dan pendidikan khusus.

Program ini bertujuan untuk mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. cara cek Penerima Indonesia Pintar 2023 pun dapat dilakukan secara online dengan mudah dan cepat.

Selain itu, PIP juga dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Program ini diharapkan dapat membantu keluarga miskin dan rentan miskin dalam membiayai pendidikan anak-anak mereka.

Cara cek Penerima Indonesia Pintar 2023 melalui laman resmi!

Namun, sampai saat ini belum diumumkan kapan dana PIP akan dicairkan pada tahun 2023. Oleh karena itu, cara cek penerima indonesia pintar 2023 adalah melalui laman resmi https://pip.kemdikbud.go.id/home.

Para peserta didik dapat memasukkan Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) dan NIK untuk mengetahui apakah mereka terdaftar sebagai penerima PIP atau tidak. Para siswa penerima PIP akan menerima bantuan berupa uang tunai dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), sedangkan para penerima PIP yang tidak mendapatkan KIP akan menerima bantuan berupa uang tunai.

Dalam rangka memaksimalkan manfaat dari Program Indonesia Pintar, pemerintah juga telah meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai bagian dari program tersebut.

KIP merupakan kartu pintar yang berisi saldo yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pendidikan seperti buku, seragam, dan alat tulis. Dengan KIP, peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin dapat membeli kebutuhan pendidikan tanpa harus memikirkan biaya.

Dengan adanya Program Indonesia Pintar (PIP), diharapkan anak-anak dari keluarga miskin dan rentan miskin tetap dapat melanjutkan pendidikan mereka dan memiliki akses yang lebih luas untuk pendidikan.

Program ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan literasi pendidikan di Indonesia. Semoga informasi cara cek Penerima Indonesia Pintar 2023 di atas dapat membantu Anda dan semoga sukses kedepannya!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR