Cara dan Syarat Mendapatkan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah

18 Oct 2023 20:10 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi rice cooker. (Sumber: Shutterstock via ANTARA)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memberikan bantuan 600 ribu unit rice cooker secara gratis, berikut adalah cara dan syarat mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah.

Program ini direncanakan bakal dilakukan mulai awal bulan November 2023 mendatang, wacana ini sebagai bentuk dukungan pemanfaatan energi bersih yang lebih ramah lingkungan dan dapat meningkatkan konsumsi listrik dan penghematan biaya masak.

Peraturan ini telah tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Masak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Kementerian ESDM telah menyiapkan sekitar Rp347,5 miliar anggaran untuk program pembagian rice cooker gratis.

Kebijakan terbaru ini sebagai program tindak lanjut mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan energi bersih yang sebelumnya telah dilakukan terlebih dahulu di di sektor industri atau transportasi, salah satunya mobil listrik.

Program rice cooker gratis dapat menekan impor elpiji

Selain mendorong pemanfaatan energi bersih, program rice cooker gratis ini diharapkan dapat menekan penggunaan elpiji yang kini masih impor.

Kementerian ESDM juga menyebutkan program rice cooker gratis dapat meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 giga watt hour (GWh) setara dengan kapasitas pembangkitan 20 megawatt (MW).

Program rice cooker gratis juga berpotensi menghemat elpiji sekitar 29 juta kilo atau setara 9,7 juta tabung 3 kg.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pemanfaatan energi bersih yang diharapkan dapat meningkatkan konsumsi listrik per kapita atau e-cooking dan penghematan biaya masak. 

Cara dan syarat mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah

Rencana penyuluhan rice cooker sudah dicanangkan sejak tahun 2022 lalu, Kementerian ESDM telah melakukan diskusi publik secara virtual bersama Sub-Koordinator Perhubungan Komersial Tenaga Listrik Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Edi Pratikno.

Pada diskusi publik secara virtual itu, Edi menjelaskan bahwa rice cooker tersebut akan diberikan kepada kelompok penerima manfaat yang terdaftar dalam database Kementerian Sosial.

“Penanak nasi tersebut akan diberikan kepada kelompok penerima manfaat atau KPM, yang tentu datanya mengacu pada Kementerian Sosial,” kata Edi, Jumat, 25 November 2022, dilansir dari Tempo.com

Mengacu pada Pasal 3 ayat (1) Permen ESDM Nomor 11 tahun 2023, persyaratannya untuk mendapatkan rice cooker gratis adalah sebagai berikut.

  • Sudah menjadi pelanggan PT PLN Persero.
  • Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 450 volt-ampere (R-1/TR).
  • Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 900 volt-ampere dan 900 volt-ampere RTM (R-1/TR), atau
  • Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah daya 1.300 volt-ampere (R-1/TR). 
  • Tidak memiliki alat masak berbasis listrik dan telah diusulkan berdasarkan validasi kepala desa/lurah setempat atau pejabat yang setingkat.

Jenis rice cooker yang akan dibagikan

Berdasarkan peraturan Kementerian ESDM diatur dalam Pasal 10 ayat (3) spesifikasi rice cooker memiliki kapasitas 1,8 liter sampai 2,2 liter.

Nantinya rice cooker tersebut telah dilengkapi stiker bertuliskan “Hibah Kementerian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan”, yang tidak mudah luntur dan tidak mudah lepas.

Selain itu, produk alat rice cooker ini sudah memenuhi tiga standar peralatan listrik di Indonesia.

Pertama, berlabel SNI 7859:2013 Peranti listrik rumah tangga dan sejenis. Kedua, SNI IEC 60335-2-15-2011 Peralatan listrik rumah tangga dan peralatan listrik serupa.

Ketiga, standar kinerja energi minimum melalui pencantuman label tanda hemat energi untuk peralatan pemanfaatan energi penanak nasi.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER