Cara Jitu Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu

31 Jan 2024 09:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi membedakan jam tangan asli dan palsu. (Sumber: Pexels/Mister Mister)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Tiga istilah KW, BM, dan premium, belakangan ini telah menjadi hal yang umum dalam dunia aksesoris, termasuk jam tangan. Meskipun bukan merupakan berita baru, namun keberadaan produk palsu sudah menjadi hal yang familiar bagi banyak orang.

Dampak dari maraknya aksesoris palsu berlabel KW, BM, dan premium membuat konsumen kesulitan untuk mengenali barang asli di pasaran.

Industri jam tangan pun ikut terpengaruh oleh peredaran barang palsu ini, terutama dalam mengenali keaslian jam tangan, yang seringkali sulit dibedakan antara yang asli dan yang palsu.

Sekilas pandang, sulit untuk membedakan jam tangan palsu dan asli. Bentuk, warna, dan desain seringkali identik dengan versi original. 

Oleh karena itu, hal utama yang perlu diperhatikan adalah membeli jam tangan dari tempat yang terpercaya.

Tips membedakan jam tangan asli dan palsu

Selain membeli dari tempat terpercaya, berikut beberapa tips yang dapat diperhatikan saat akan membeli jam tangan untuk memastikan keasliannya.

1. Cek bobotnya

Bobot jam tangan dapat menjadi penentu pertama yang dapat langsung dirasakan. Meskipun bukan patokan utama, namun jam tangan asli cenderung terasa lebih berat dan solid dibandingkan dengan versi palsu yang cenderung lebih ringan, terutama untuk model yang sama.

Perlu dicatat bahwa bahan seperti titanium memang ringan, jadi penting untuk memahami spesifikasinya sebelum membeli.

2. Cek finishing jam tangannya

Tingkat presisi pengerjaan merupakan salah satu faktor yang membuat jam tangan asli memiliki harga yang tinggi. 

Jam tangan asli selalu memiliki tingkat finishing yang halus dan presisi, dengan sudut-sudut yang dihaluskan dengan baik.

Sebaliknya, jam tangan palsu cenderung terasa kasar, terutama pada bagian pinggirannya yang mungkin terasa lebih tajam.

3. Perhatikan harganya

Harga menjadi faktor penentu penting dalam pembelian. Harga yang terlampau rendah seringkali menjadi daya tarik bagi pembeli.

Akan tetapi, hal tersebut perlu diwaspadai karena harga yang terlalu murah bisa menjadi indikasi bahwa jam tangan tersebut palsu. Harga jam tangan asli memang lebih tinggi karena kualitas dan keasliannya.

4. Perhatikan kelengkapannya

Jam tangan palsu mungkin disertai dengan kartu garansi atau buku manual, namun ini bukanlah jaminan resmi. 

Kelengkapan ini bisa membuat klaim garansi menjadi sulit, terutama jika jam tangannya ternyata palsu. Untuk jam tangan BM, perhatikan jenis garansinya; apakah hanya garansi toko atau juga garansi nasional.

5. Pemeriksaan mesin

Jika keaslian tidak dapat dikonfirmasi dengan cara-cara di atas, pemeriksaan mesin menjadi solusi terbaik. Namun, ini sebaiknya dilakukan oleh ahli yang terpercaya dan memiliki pengetahuan tentang jam tangan.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan konsumen dapat lebih cermat dalam memilih dan membeli jam tangan asli, terhindar dari barang palsu.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER