Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan KW, Jangan Sampai Tertipu

10 November 2023 17:11 WIB

Narasi TV

Sepatu merek Vans. Sumber: esquire.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Vans adalah merek sepatu yang sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. 

Sepatu Vans awalnya diperkenalkan sebagai alas kaki khusus pemain skateboard. Akan tetapi, sepatu Vans kini telah menjadi item fesyen hit yang bisa menyempurnakan penampilan seseorang. 

Karena popularitas dan jumlah peminatnya yang tinggi, desain sepatu Vans kerap ditiru dan dijual kembali dengan harga miring. 

Tak sedikit orang yang tertipu membeli sepatu Vans KW lantaran tidak paham perbedaannya dengan sepatu Vans orisinal. 

Nah, berikut ini beberapa tips untuk membedakan sepatu Vans ori dan KW supaya kamu tidak tertipu dan termakan harga murah. 

  • Perbedaan harga yang signifikan

Sepatu Vans orisinal biasanya dijual di kisaran harga Rp600.000 ke atas. Sementara itu, Vans KW umumnya dijual dengan harga sangat murah, mulai dari Rp150.000 sampai Rp350.000.

  • Perhatikan jahitan luar

Jahitan pada sepatu Vans ori bisa dipastikan rapi, tidak keluar dari pola jahitan, dan tidak terangkat. Jika kamu menemukan jahitan yang tidak rapi atau cacat pada sepatu Vans, kemungkinan besar sepatu itu merupakan KW.  

  • Amati bagian outsole

Sepatu Vans orisinal memiliki pola bintang dengan segi enam yang saling berhubungan pada bagian tengah outsole. Selain itu, sepatu Vans ori memiliki outsole yang lengket jika dibandingkan sepatu Vans KW. 

  • Jumlah lubang tali sepatu

Ciri lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah lubang tali sepatu. Sepatu Vans ori memiliki jumlah lubang tali yang berbeda yaitu tujuh untuk ukuran kecil dan delapan untuk ukuran besar. Namun, hal ini tidak berlaku untuk sepatu Vans buatan Jepang yang memiliki lubang tali paling sedikit delapan.

  • Kode waffle

Sepatu Vans ori biasanya memiliki sebuah kode waffle yang terletak di bagian outsole. Misalnya, sepatu Vans produksi China akan memiliki kode waffle IFC, HF, DT, SHC, ICC, dan ZDC. 

Untuk sepatu Vans produksi Vietnam, biasanya kode yang digunakan adalah EVB. Sementara itu, Vans produksi Indonesia menggunakan kode GSI.

  • Lihat tag sepatu

Terakhir, ukuran tag sepatu bisa dijadikan patokan untuk memastikan keaslian sepatu Vans. Tag biasanya berada di bagian bawah lidah sepatu yang tebal, menempel kuat, mengilat jika terkena cahaya, tulisannya sangat rapi, dan tidak mudah terkelupas. 

Biasanya, di tag sepatu Vans ori juga terdapat kode produksi serta ukuran sepatu. Untuk mencocokkan keasliannya, kamu melihat kode waffle dan tag sepatu tersebut. 

Itu dia cara-cara membedakan sepatu Vans ori dengan KW, jangan sampai tertipu, ya!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR