Cara Membuat Link Zoom Terbaru 2024, Mudah dan Cepat

24 Juli 2023 18:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang pekerja memulai rapat di Zoom dengan membagikan link. (Sumber: Pexels/Anna Shvets)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, rapat online telah menjadi pilihan utama bagi banyak organisasi dan individu untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan efisien dari jarak jauh.

Zoom telah menjadi salah satu yang paling populer untuk dijadikan platform rapat online dan kerap dijadikan pilihan bagi orang-orang.

Lantas bagaimana cara membuat link Zoom? Dalam artikel ini telah dijelaskan secara rinci terkait langkah-langkah membuat link Zoom yang dapat Anda pelajari dan terapkan langsung.

Cara membuat link Zoom

Untuk membuat link Zoom, Anda perlu memiliki akun Zoom terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat link Zoom:

1. Buka akun Zoom atau masuk

Jika Anda belum memiliki akun Zoom, daftar terlebih dahulu di situs web Zoom (www.zoom.us). Jika sudah memiliki akun, masuklah ke akun Zoom Anda.

2. Pilih Opsi "Host a Meeting" atau "Schedule a Meeting"

Setelah masuk, Anda akan melihat opsi "Host a Meeting" atau "Schedule a Meeting" tergantung pada versi Zoom yang Anda gunakan.

3. Pilih "Schedule a Meeting"

Jika Anda ingin membuat link untuk rapat yang dijadwalkan, pilih opsi "Schedule a Meeting".

4. Isi detail rapat

Pada halaman "Schedule a Meeting", Anda harus mengisi detail rapat, seperti judul rapat, tanggal, waktu mulai, dan durasi rapat.

5. Pilih jenis rapat

Anda dapat memilih apakah rapat akan menggunakan video atau hanya audio. Anda juga dapat memilih apakah peserta dapat bergabung dengan atau tanpa video.

6. Pengaturan tambahan

Anda dapat mengatur pengaturan tambahan seperti mengaktifkan atau menonaktifkan mikrofon dan kamera peserta, mengizinkan peserta bergabung sebelum host, dan mengatur kata sandi rapat untuk keamanan.

7. Dapatkan link rapat

Setelah mengatur detail rapat, Zoom akan membuat link unik untuk rapat Anda. Link ini akan menjadi tautan yang dapat Anda bagikan kepada peserta untuk menghadiri rapat.

8. Bagikan link rapat

Salin link rapat yang telah dibuat dan bagikan kepada peserta melalui email, pesan teks, atau kalender acara. Peserta dapat mengklik tautan ini untuk bergabung dengan rapat Zoom pada waktu yang ditentukan.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR