Cara Mengaktifkan Jaringan 5G Indosat, Tak Perlu Ganti Kartu SIM

5 Dec 2023 14:12 WIB

thumbnail-article

Logo jaringan Indosat 5G. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Indosat Ooredoo telah resmi menyediakan jaringan 5G secara komersial di berbagai wilayah Indonesia sejak 2021 lalu. Pengguna Indosat Ooredoo dapat langsung mencoba jaringan 5G tanpa harus mengganti kartu SIM mereka ke kartu 5G. 

Untuk menikmati layanan 5G dari Indosat Ooredoo, pengguna yang sudah menggunakan kartu SIM 4G bisa langsung menjajal jaringan seluler generasi kelima itu. Namun, tentu saja ada syarat lainnya yang harus dipenuhi supaya pengalaman menikmati jaringan 5G dapat lebih optimal. 

Layanan 5G Indosat Ooredoo dapat dinikmati oleh pelanggan prabayar maupun pascabayar sepanjang mereka berada di wilayah cakupan 5G. Selain itu, pelanggan juga harus menggunakan smartphone atau perangkat yang mendukung 5G dengan perangkat lunak yang sudah diperbarui. 

Kriteria smartphone yang bisa menangkap sinyal 5G Indosat antara lain mendukung band n3 (1800MHz) pada modemnya. Sebab, jaringan 5G Indosat menggunakan pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1837,5 MHz sampai dengan 1857,5 MHz. 

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan jaringan 5G Indosat Ooredoo?

Cara mengaktifkan jaringan 5G Indosat Ooredoo

Untuk mengaktifkan nomor Indosat Ooredoo supaya dapat mengakses jaringan 5G, pelanggan dapat langsung mendatangi gerai Indosat yang berada di lokasi cakupan 5G. Nantinya, pelanggan tinggal mengajukan permintaan aktivasi nomor supaya dapat menikmati layanan 5G. 

Jika nomor sudah aktif, pelanggan dapat mengetahui status jaringan melalui sinyal bar di layar perangkat yang menunjukkan “5G Indosat”.

Terkait paket data, saat ini Indosat belum memiliki paket khusus jaringan 5G. Namun, pelanggan tetap bisa menggunakan paket data Freedom Internet (prabayar) dan Prime (pascabayar) untuk mengakses layanan 5G.

Wilayah cakupan 5G Indosat Ooredoo

Saat ini, jaringan 5G Indosat Ooredoo baru tersedia di wilayah-wilayah berikut:

  1. Jakarta (Area Sekitar Monas, Taman Mini)
  2. Solo (Area Solo Kota Inner)
  3. Surabaya (Area Bandara, Surabaya Kota)
  4. Makassar (Area Bontoala, Tallo, Makassar Kota, Panakukang)
  5. Bandar Lampung (Area Tanjung Karang Barat, Labuhan Ratu)
  6. Balikpapan (Area Balikpapan Kota, Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara)
  7. Bali (Area Bandara, Nusa Dua, Tuban)
  8. Karawang (Kawasan Industri Karawang)

Indosat mengklaim jaringan 5G mereka dapat 20 kali lebih cepat untuk melakukan download dan streaming dibandingkan dengan 4G. Selain itu, jaringan 5G juga 10 kali lebih responsif dengan latensi yang sangat rendah. Saat dilakukan uji coba, kecepatan download bisa mencapai 540 Mbps dengan latensi 10ms. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER