9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Mudah

27 Feb 2024 19:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi penggunaan skincare di wajah. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang mengalami masalah kulit kering? Kulit kering seringkali mengganggu penampilan seseorang. Sebab, kulit menjadi rentan iritasi dan muncul garis-garis kulit. Simak penjelasan berikut mengenai cara mengatasi kulit kering.

Ada tiga tipe kulit yang sering ditemui seperti kulit normal, berminyak, dan kering. Kulit kering bisa menjadi masalah tersendiri, apalagi jika muncul warna kemerahan dan terasa gatal. Tak jarang, kulit kering juga menimbulkan luka berdarah.

Kulit kering bisa disebabkan berbagai hal seperti iritasi akibat debu, polusi, atau bahan-bahan kimia tertentu, kebiasaan menggosok kulit, perubahan cuaca, sering mandi air panas, dan kurangnya kolagen dalam tubuh.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit kering?

Cara mengatasi kulit kering

Perlu diketahui bahwa kulit kering terjadi lantaran produksi minyak alami dan sebum dalam tubuh tidak cukup menjaga kelembaban kulit. Oleh karena itu, untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menjaga kelembabannya. Berikut caranya:

  • Cuci muka dengan air dingin

Bagi pemilik kulit kering, usahakan tidak mencuci wajah menggunakan air hangat. Sebab, air tersebut mampu menghilangkan kelembaban alami pada kulit wajah. Sebaiknya cuci wajah menggunakan air dingin atau suhu ruangan saja.

  • Menggunakan pelembab

Pelembab tentu mengandung bahan-bahan yang baik untuk mengatasi kulit kering. Seperti namanya, pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit. Hal ini mampu menjadi solusi kulit kering.

  • Gunakan produk untuk kulit kering

Jangan salah menggunakan produk skincare maupun bodycare. Sesuaikan dengan jenis kulitmu agar terawat dengan baik. Kamu juga harus menghindari menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah karena pH-nya berbeda.

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari langsung dalam waktu cukup lama mampu menghilangkan minyak alami dalam kulit. Kondisi tersebut dapat memicu kulit kering, kusam, dan muncul kerutan halus. Untuk mengatasinya, jangan lupa menggunakan sunscreen dan sunblock secara rutin.

  • Pilih pakaian yang menyerap keringat

Pakaian yang memiliki bahan penyerap keringat mampu membantu mencegah kelembaban berlebih di permukaan kulit. Mengingat kulit kering rentan terhadap iritasi. Keringat justru akan memperparah kondisi tersebut.

  • Eksfoliasi kulit

Kulit akan terus melepaskan sel kulit mati dan membuat sel baru. Sel kulit mati yang menumpuk justru menimbulkan kusam dan kering. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit dan wajah secara rutin agar sel kulit mati bisa terangkat.

 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER