Mata Panda: Penyebab dan Cara Mengatasinya

19 Juli 2023 12:07 WIB

Narasi TV

Lingkaran hitam di sekitar mata yang disebut mata panda. Sumber: India Tribune.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Mata panda adalah kondisi yang sering disebutkan untuk menunjukkan lingkaran gelap yang ada di area mata. Hal ini mungkin cukup sepele namun ada beberapa orang yang merasa hal tersebut cukup mengganggu penampilannya.

Kondisi tersebut seringkali disebabkan karena sering begadang. Namun ada juga yang disebabkan oleh beberapa hal lain.

Penyebab mata panda

Berikut adalah beragam penyebab orang bisa mengalami kondisi mata panda. Simak sampai tuntas ya

  • Sering begadang

Sering begadang atau kurangnya tidur menjadi salah satu faktor penyebab area mata menghitam lantaran kurang lancarnya peredaran darah di area tersebut. Selain mata panda, seringnya begadang juga membuat wajah menjadi kusam dan mata tampak bengkak. 

  • Seringnya menatap layar

Faktor selanjutnya adalah seringnya menatap layar handphone, laptop, komputer dan televisi yang cukup lama. Hal ini dapat mengakibatkan ketegangan pada area mata dan membuat pembuluh darah di area mata membesar dan berakibat menggelapnya kulit di area mata. 

  • Pengaruh sinar matahari

Sinar matahari juga dapat mengakibatkan produksi pigmen atau melanin lebih banyak sehingga area kulit mata menjadi lebih gelap. 

  • Kebiasaan meminum alkohol dan merokok

Selanjutnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dengan seringnya meminum alkohol dan juga merokok, jika hal ini sering dilakukan maka akan berakibat aliran darah di kulit tidak lancar sehingga aliran mata menjadi gelap.

  • Genetik

Faktor genetik tidak bisa dihindari. Jika orang tua memiliki kulit gelap di area mata, maka hal ini juga bisa terjadi pada anak.

Cara mengurangi mata panda

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi mata panda. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan: 

  • Kompres dengan air dingin

Cara ini bisa kamu gunakan dengan memberikan es batu yang dibalut dengan kain bersih. Pejamkan mata dan lakukan selama 20 menit. Hal ini bisa mengurangi perubahan warna dan pelebaran pada pembuluh darah yang ada di area bawah mata. 

  • Menggunakan timun

Salah satu cara yang bisa memudarkan warna hitam pada area mata adalah dengan menggunakan timun. Suhu timun yang dingin akan mengurangi lingkaran hitam pada mata dan juga melembabkan kulit area mata.

  • Tutupi dengan make up

Cara ini cukup ampuh dengan menggunakan concealer pada bagian bawah mata. Pilih warna concealer yang sesuai dengan warna kulit kamu.

Selain cara-cara di atas kamu juga bisa melakukannya dengan mengatur pola tidur, hindari dan kurangi minuman alkohol dan juga rokok, serta gunakan sunscreen saat keluar rumah dan lainnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR