Cara Menggunakan Creator Search Insights TikTok untuk Cari Ide Konten

1 Jul 2024 18:07 WIB

thumbnail-article

Poster creator search insights TikTok. Sumber: newsroom.tiktok.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

TikTok belum lama ini meluncurkan fitur baru bernama Creator Search Insights. Lewat fitur ini, kreator di TikTok bisa mencari ide konten yang relevan dan sedang tren sehingga bisa masuk ke FYP. 

Creator Search Insights merupakan tools yang berfungsi untuk memberikan insight kepada para kreator konten terkait topik yang banyak dicari oleh pengguna di TikTok. 

Informasi ini berguna sebagai inspirasi bagi kreator untuk merencanakan strategi konten yang sesuai dengan minat dan ketertarikan audiens. Dengan demikian, kreator akan terbantu dan tidak lagi bingung dalam menentukan tema konten apa lagi yang akan dibuat. 

Selain menjadi sumber inspirasi, Creator Search Insights juga dapat membantu kreator untuk meningkatkan performa konten. Jika konten yang dibuat relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna, TikTok akan menampilkan konten tersebut di laman FYP. 

Lantas, bagaimana cara kerja fitur Creator Search Insights dan bagaimana cara menggunakannya?

Cara kerja Creator Search Insights

Untuk menggunakan fitur ini, kreator bisa langsung mengetikkan kata kunci “Creator Search Insights” di kolom pencarian. Nantinya, tools ini akan muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian. 

Simak langkah-langkahnya selengkapnya berikut ini:

  • Ketikkan “Creator Search Insights” di kolom pencarian TikTok.
  • Tools Creator Search Insights akan muncul di bagian atas hasil pencarian.
  • Klik tombol “View”. 
  • Halaman akan menampilkan berbagai ide konten yang bisa dieksplor oleh para kreator konten. 

Terdapat dua opsi search insight yang dapat dipilih yakni “Suggested” dan Trending”. Tab “Suggested” memuat rekomendasi topik yang relevan dengan akun kreator. Pada tab ini, terdapat sub menu “Content gap” yang berisi topik yang sering dicari di TikTok, tetapi belum banyak video yang membahasnya. Selain itu, ada juga “Searches by followers” yang menampilkan topik apa saja yang sering dicari oleh followers

Sementara itu, tab “Trending” berisi topik pencarian yang sedang tren di TikTok. Tab ini dapat difilter berdasarkan kategori tertentu seperti fesyen, olahraga, kuliner, dan lain sebagainya. Kreator dapat menyimpan topik-topik ini sebagai inspirasi untuk membuat konten di masa mendatang. 

Nah, itu dia cara menggunakan fitur terbaru TikTok yakni Creator Search Insights sebagai inspirasi untuk membuat konten-konten yang relevan dengan audiens. Semoga informasi ini bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER