Cara Menghindari Modus Penipuan Donasi Palestina

4 Desember 2023 13:12 WIB

Narasi TV

Para pengunjuk rasa memegang tanda dan bendera selama demonstrasi mendukung warga Palestina di Gaza, ketika konflik antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas berlanjut, di Wina, Austria, 21 Oktober. REUTERS/Leonhard Foeger

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Seiring dengan eskalasi konflik Israel-Palestina, donasi untuk Palestina terus digaungkan, terutama di Indonesia. 

Banyak influencer, artis, pejabat, dan tokoh publik lainnya yang berlomba-lomba membuka donasi, namun sayangnya ada segelintir oknum yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan.

Baru-baru ini, perusahaan keamanan siber Kaspersky merilis banyaknya situs web palsu yang melakukan penggalangan dana untuk donasi palsu.

Terutama di dunia digital, penipu donasi Palestina umumnya akan melakukan phising dengan berpura-pura menjadi organisasi penyalur bantuan ke Gaza.

Cara menghindari modus penipuan donasi Palestina

Melansir laman Dompet Dhuafa, berikut ada cara menghindari modus penipuan donasi Palestina:

1. Memeriksa kredibilitas lembaga penyalur donasi

Langkah pertama untuk menghindari penipuan donasi Palestina adalah dengan memeriksa kredibilitas lembaga penyalur donasi.

Untuk memeriksanya, langkah berikut dapat digunakan:

  • Cek riwayat dan reputasi, misalnya apakah mereka telah aktif dalam memberikan bantuan kepada Palestina atau konflik lain sebelumnya.
  • Pastikan lembaga penyalur donasi telah mendapatkan izin atau sertifikasi yang diperlukan dari otoritas terkait. Langkah ini bisa menjadi bukti bahwa mereka adalah organisasi yang sah.
  • Cari tahu ulasan dan tanggapan dari mereka yang pernah berdonasi dengan lembaga tersebut.
  • Yang tidak kalah penting, cari tahu apakah mereka telah memiliki kebijakan transparansi yang jelas dalam pengelolaan dana. Misalnya perihal laporan yang rinci tentang bagaimana dana didistribusikan. 
  • Pastikan lembaga penyalur donasi memiliki bukti foto atau video dokumentasi penyaluran bantuan yang pernah dilakukan sebelumnya. 

2. Melakukan validasi nomor rekening tujuan

Langkah kedua yang tidak kalah penting adalah memeriksa nomor rekening lembaga. Pastikan nomor rekening lembaga penyalur tidak terdaftar dengan nama pribadi.

Jika nomor rekening yang diberikan milik pribadi, jangan ragu untuk menghubungi lembaga donasi secara langsung untuk meminta konfirmasi.

Pastikan mendapatkan informasi rekening dari sumber resmi lembaga donasi, seperti situs web resmi atau kontak yang mereka sediakan.

3. Melakukan verifikasi mengenai penggalangan dana di website

Saat ini banyak situs web dan aplikasi yang menyediakan program donasi Palestina. 

Sebelum ikut berdonasi pada salah satu situs atau aplikasi tersebut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai latar belakang mereka, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Periksa keamanan situs website, biasanya laman web lembaga donasi memiliki kunci keamanan (biasanya ditandai dengan ikon gembok) dan alamat URL yang dimulai dengan “https://” yang menunjukkan situs web terenkripsi.
  • Jika lembaga donasi memiliki aplikasi resmi, sebaiknya mengunduh dari jalur yang resmi (seperti Google Play dan App Store) dan menggunakan aplikasi tersebut daripada mengakses situs web melalui peramban.
  • Hindari mengklik tautan dari email yang mencurigakan atau mengirimkan informasi pribadi melalui email. Karena para penipu seringkali menggunakan cara ini. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR