Cara Mudah Menghitung CC Motor Secara Lengkap dengan Rumusnya

16 Maret 2023 13:03 WIB

Narasi TV

Seorang pengendara motor yang sedang bepergian dengan kendaraannya. Sumber: Pexel.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Membeli sebuah motor, tentunya anda akan memperhatikan jenis dan spesifikasi pada motor yang akan anda beli. Termasuk juga kapasitas cc motor yang akan anda beli. CC pada motor memiliki peran cukup penting dalam penggunaan motor sehari-hari agar bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Hal yang perlu diketahui sebelum itu ialah apa sebenarnya cc pada motor tersebut? CC sendiri adalah volume yang ada pada bagian ruang bakar pada kendaraan bermotor. Setiap motor memiliki kapasitas ruang bakar yang berbeda-beda. Hal itu disesuaikan dengan tipe dan jenis motornya.

Nah, bagaimana cara agar bisa menghitung cc pada kendaraan motor? Apakah ada rumus khusus untuk mengetahui cc pada kendaraan motor? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simaklah artikel ini selengkapnya.

Artikel ini akan membagikan beberapa cara untuk mengetahui atau menghitung jumlah cc motor, berikut caranya:

Kapasitas mesin

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menghitung cc berdasarkan kapasitas mesin yang dimiliki kendaraan motor anda. Adapun rumus yang bisa digunakan ialah dengan menggunakan rumus cc = 0,785 X (D X D) X L, D merupakan diameter piston sementara L adalah panjang langkah/stroke.

Anda hanya tinggal memasukkan komponen yang dibutuhkan kemudian lakukan perhitungan.

Volume tabung

Cara berikutnya atau cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan volume tabung. Cara ini, memiliki rumus yang berbeda dengan sebelumnya. Cara ini menggunakan rumus phi x (r x r) x t = hasil : 1.000. Pada cara ini, sangat penting untuk mengetahui tipe motor dan komponen lain yang dibutuhkan untuk menghitung hasil tersebut.

Gunakan aplikasi

Jika Anda merasa kesulitan dengan rumus-rumus dalam menghitung cc motor tersebut, ada cara yang cukup mudah yang bisa Anda lakukan. Cara mudah tersebut ialah menggunakan aplikasi Motorun Engine Tools, bisa untuk keperluan 2 tak maupun 4 tak sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda cukup mendownload aplikasinya dan mengikuti semua instruksi yang diberikan.

Demikian informasi seputar cara menghitung cc motor yang dapat Anda pelajari dan pahami sebelum melakukan penghitungan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR