Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup, Jobseeker Wajib Tahu

16 November 2023 12:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi daftar riwayat hidup atau curriculum vitae. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen yang harus dilengkapi saat melamar pekerjaan. Dokumen ini berbeda dengan curriculum vitae (CV). Lantas, bagaimana cara mengisi daftar riwayat hidup? Simak penjelasannya berikut ini!

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menggambarkan pengalaman seseorang. Dokumen ini memang hampir sama dengan CV, bedanya terletak pada fokus penulisannya. Biasanya daftar riwayat hidup berisi pengenalan diri yang ditulis secara singkat dan hanya menyantumkan poin penting saja.

Meski begitu, pembuatan daftar riwayat hidup pun perlu memperhatikan beberapa aspek. Tidak semua informasi bisa kamu tulis dalam daftar tersebut, terlebih jika informasinya tidak relevan.

Cara mengisi daftar riwayat hidup

Berikut ini cara mengisi daftar riwayat hidup:

  • Menuliskan data diri

Data diri di sini mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor yang bisa dihubungi, email, jenis kelamin, status marital, dan agama atau kepercayaan. Kamu juga bisa menyantumkan foto formal terbaru.

  • Isi riwayat pendidikan dan pelatihan

Tulis jenjang pendidikan yang pernah dilalui. Dalam daftar riwayat hidup, kamu boleh menuliskannya mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga pendidikan terkini. Namun, perhatikan juga persyaratan yang diminta perusahaan. Terkadang ada perusahaan yang hanya meminta pendidikan terakhir.

Selanjutnya, kamu juga bisa menuliskan pendidikan non formal seperti training, seminar, atau workshop relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

  • Tulis riwayat pengalaman kerja

Dalam riwayat pengalaman kerja ini, kamu bisa menuliskan instansi, lamanya bekerja di sana, posisi, penghasilan terakhir, dan deskripsi pekerjaan yang kamu lakukan.

Jika belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan riwayat pengalaman berorganisasi atau volunteer.

  • Tulis prestasi dan penghargaan

Jika kamu memiliki prestasi dan penghargaan, kamu juga bisa menyantumkannya dalam daftar riwayat hidup. Ini akan menjadi poin plus untuk pertimbangan HRD.

  • Cantumkan kecakapan berbahasa

Tuliskan kemampuan berbahasa meliputi bahasa yang dikuasai, kemampuan membaca, berbicara, menulis, dan mendengar.

  • Kesimpulan

Kesimpulan di sini berisi deskripsi singkat mengenai kualifikasi dan skill atau kemampuan dalam pekerjaan.

Demikian cara mengisi riwayat hidup yang berguna bagi kelancaran melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR