6 Tips Menjadi Asisten Dosen di Kampus, Tertarik Mencoba?

1 Jul 2024 19:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi asisten dosen. (Sumber: Freepik/master1305)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Asisten dosen (asdos) menjadi pilihan yang menarik bagi mahasiswa selama berkuliah. Selain bisa mengembangkan diri, mahasiswa juga bisa memeroleh penghasilan sendiri selama menjadi asdos. Bagaimana cara menjadi asisten dosen?

Asisten dosen adalah seorang yang bertugas membantu dosen dalam kegiatan administrasi, membuat soal dan jawaban, membantu menyusun silabus mata kuliah, membantu kegiatan kuliah, hingga menggantikan dosen jika sedang berhalangan hadir.

Seorang asisten dosen biasanya adalah dosen muda yang direkomendasikan atau mahasiswa yang masih berkuliah di perguruan tinggi tersebut. Syaratnya yaitu memiliki pencapaian prestasi akademik yang bagus.

Ada berbagai benefit yang bisa didapatkan ketika menjadi asdos. Mulai dari refresh materi tanpa harus banyak belajar, memperluas relasi, berlatih tanggung jawab, semakin percaya diri berbicara di depan umum, dan masih banyak lagi.

Cara menjadi asisten dosen

Menjadi asisten dosen memang tidak mudah. Kamu harus melalui proses baik di dalam kelas maupun luar kelas. 

Bahkan ada pula yang harus mempersiapkan curriculum vitae dan surat lamaran sebelum mendaftar sebagai asisten dosen. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjadi asisten dosen:

1. Jadi mahasiswa yang rajin

Pertama-tama yaitu menjadi mahasiswa yang rajin. Caranya adalah terlibat aktif dalam diskusi, menyelesaikan tugas dengan maksimal, membantu teman-teman yang belum paham, dan lain-lain. Hal ini akan membuatmu mendapat perhatian penuh dari dosen.

2. Maksimalkan saat presentasi

Dalam proses pembelajaran di kelas pasti ada sesi presentasi yang dilakukan mahasiswa. Kamu bisa memaksimalkan diri saat presentasi. 

Tunjukkan bahwa kamu menguasai materi dengan baik, serta memiliki kemampuan public speaking yang bagus.

3. Sampaikan pertanyaan yang tidak biasa

Memang betul tidak ada pertanyaan yang salah. Namun, pertanyaan yang brilian dan tidak biasa akan memberikan kesan sendiri bagi dosen. 

Artinya, kamu telah membaca banyak referensi dan menemukan celah yang belum tentu disadari oleh mahasiswa lainnya.

4. Menjalin hubungan baik dengan dosen

Kamu juga perlu menjalin hubungan baik dengan dosen. Caranya adalah dengan menunjukkan kemampuan saat di kelas, terlibat aktif dalam diskusi, dan hindari menjadi mahasiswa yang pasif dan pendiam.

Pastikan dosen mengetahui karakter, prestasi, dan kelebihan yang kamu miliki. Dengan begitu, dosen akan memperhitungkan untuk melamarmu menjadi asistennya. 

5. Fokus pada satu dosen

Menjadi asisten di banyak materi memang menyenangkan. Namun, pahami bahwa setiap manusia memiliki keterbatasan. 

Sebaiknya kamu fokus pada materi tertentu dan menguasainya lebih dalam. Dengan begitu, peluang untuk dilirik menjadi asisten dosen pun akan semakin besar.

6. Bangun hubungan baik dengan mahasiswa lain

Yang tidak kalah penting yaitu membangun hubungan baik dengan mahasiswa lain. Hal tersebut dikarenakan kamu harus bertanggung jawab atas semua kejadian di kelas. 

Kamu juga bisa menjadi penghubung komunikasi antara mahasiswa dengan dosen.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan jika kamu ingin menjadi asisten dosen. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER