Cara Menjaga Keimanan yang Masih Sering Naik dan Turun Menurut Para Ulama

5 Dec 2023 17:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim yang beriman. (Sumber: Pexels/Monstera Production)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Keimanan merupakan hal yang mendasar dalam Islam. Setiap muslim diharuskan memiliki keimanan kepada Allah Swt. dan Nabi Muhammad saw.

Akan tetapi, menjaga keimanan tak semudah yang dikira. Dalam hidup, pengalaman yang dialami dapat memengaruhi keimanan.

Oleh karenanya, tak jarang keimanan seseorang naik dan turun sesuai pengalaman hidup dan cobaan yang menimpanya.

Iman sendiri adalah sebuah tindakan atau perilaku yang didasari atas keyakinan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.

Sebagaimana dalam kitab suci Al-Qur’an surah Al Mujadilah ayat 11, Allah Swt. berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: 'Berlapang-lapanglah dalam majelis', maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: 'Berdirilah kamu', maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Cara menjaga keimanan yang naik dan turun

Salah satu cara untuk menjaga keimanan yang naik dan turun adalah dengan menguatkan iman yang dimiliki.

Mengutip dari laman NU Online,  terdapat tiga langkah yang bisa dilakukan untuk memperkuat dan menambah keimanan.

Cara mempertebal keimanan berikut ini dirujuk dari penjelasan ulama Ibnu Ruslan dalam Matan Zubad Ibn Ruslan sebagai berikut:

 فكن من الإيمان في مزيد # وفي صــــفاء القلب ذا تجديد بكثرة الصلاة والطاعات # وترك ما للنفس من شهوات فشهوة النفس مع الذنوب # موجبتــــــان قسوة القـــلوب 

Artinya: “Maka jadilah kamu bertambah dalam keimanan # dan memiliki pembaharuan dalam kejernihan hati dengan memperbanyak shalat, ketaatan # dan meninggalkan sesuatu yang menyebabkan syahwat Maka nafsu syahwat dan dosa # keduanya adalah faktor yang menyebabkan kerasnya hati.”

Dalam keterangan lainnya, Imam Al-Haddad menerangkan dalam kitab Risalatul Muawanah lir Râghibîn minal Mu’minîn fî Sulûk Tharîqah al-Âkhirah bahwa terdapat beberapa cara untuk menjaga keimanan, yakni sebagai berikut.

1. Memperbanyak mendengarkan ayat Al-Qur’an

Cara pertama adalah dengan memperbanyak mendengarkan ayat Al-Qur’an. Hal tersebut dikarenakan Al-Qur’an merupakan pedoman manusia di muka bumi menjalankan hidupnya.

Banyak mendengarkan dan membaca ayat-ayat Al-Qur’an juga merupakan bentuk tawakal manusia kepada Allah Swt.

2. Melihat kebesaran langit dan bumi

Cara kedua adalah dengan menjadikan kebesaran langit dan bumi sebagai sarana untuk merenungkan keagungan Allah Swt. sebagai pencipta.

Hal tersebut sesuai dengan penjelasan dalam Al-Qur’an surah Al-Sajdah ayat 4 berikut:

اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَابَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ مَا لَكُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَاشَفِيعٍ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ

Artinya: “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada diantara keduanya dalam waktu enam hari, kemudian dia bersemayam di atas Arsy. Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya?” (Q.S. Al-Sajdah [32]: 4). 

3. Melaksanakan amal saleh secara teratur

Cara berikutnya adalah dengan memperbanyak amal saleh seperti ibadah, zikir, dan sedekah.

Cara ketiga ini selain memperkuat keimanan, juga dapat menjaga diri agar tidak tergelincir kepada kemaksiatan dan keburukan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER