5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Gawai

7 Jun 2023 14:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang sedang mengistirahatkan matanya. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Kemajuan teknologi membuat penggunaan gawai nyaris tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. 

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa hampir selalu berinteraksi dengan gawai, baik untuk keperluan pembelajaran maupun pekerjaan. 

Seorang pekerja kantoran umumnya harus berhadapan dengan layar komputer atau laptop selama 8–9 jam per hari. Ditambah lagi, waktu istirahat biasanya digunakan untuk bermain ponsel.

Padahal, penggunaan gawai yang terlalu intens dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan mata. Menatap layar gawai terlalu lama biasanya akan membuat mata terasa tegang, lelah, kering, hingga menyebabkan sakit kepala. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata bagi Anda yang sehari-hari harus menatap layar komputer atau ponsel dalam waktu yang cukup lama. 

Dilansir dari laman web resmi Kementerian Kesehatan (Kemkes), berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mata bagi pengguna gawai.

  • Jaga jarak pandang

Salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan mata dari paparan gawai adalah dengan mengatur jarak pandang. Sebab, mata seseorang akan bekerja lebih keras saat melihat objek dari jarak dekat dibandingkan jarak jauh. 

Usahakan untuk memberi jarak antara mata dengan ponsel sekitar 40–50 cm serta jarak mata dengan layar komputer sekitar 50-60 cm. 

Selain itu, posisikan layar supaya pandangan mata sedikit mengarah ke bawah. 

  • Atur kecerahan layar

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kecerahan atau kontras layar gawai. 

Cahaya yang kurang akan membuat mata harus bekerja lebih ekstra, sementara layar yang terlalu terang dapat memberi dampak buruk bagi mata. 

Untuk itu, sesuaikan kecerahan layar dengan pencahayaan di ruangan supaya mata tidak mudah tegang. Anda juga dapat menggunakan filter layar saat bekerja di hadapan gawai. 

  • Istirahatkan mata

Mengistirahatkan mata secara berkala dapat mengurangi dampak buruk yang dapat terjadi terhadap mata. 

Anda dapat menggunakan rumus 20-20-20 yang artinya beristirahat setelah 20 menit menatap layar dengan memandangi objek berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. 

Melihat ke arah jauh setelah cukup lama menatap layar gawai dapat membuat mata lebih rileks.

  • Relaksasi mata

Cara selanjutnya yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan mata adalah melakukan relaksasi mata. 

Relaksasi mata dapat dilakukan dengan menggosok kedua tangan sampai hangat, kemudian menempelkannya di atas kelopak mata yang terpejam sambil memijat pelipis.

  • Atur waktu penggunaan gawai

Jika memungkinkan, sebaiknya jangan menggunakan gawai lebih dari 2 jam berturut-turut. Beri jeda setiap beberapa waktu dengan mengalihkan pandangan dari layar selama beberapa waktu untuk menghindari ketegangan pada mata. 

Itu tadi tips menjaga kesehatan mata bagi pelajar atau pekerja yang harus menggunakan gawai dalam aktivitas sehari-hari. 

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting, sebab mata merupakan salah satu organ paling berharga yang dimiliki oleh manusia. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER