5 Cara Menolak Panggilan Interview secara Sopan dan Profesional

10 Jan 2024 21:01 WIB

thumbnail-article

IIustrasi interview kerja. (Sumber: Pexels/MART PRODUCTION)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Sebagai pelamar kerja, kamu juga berhak menolak panggilan interview pekerjaan. Alasannya bisa saja karena sudah diterima di tempat lain, tidak cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan, atau masalah pribadi. Lantas, bagaimana cara menolak panggilan interview?

Interview atau wawancara adalah salah satu tahapan dalam proses rekrutmen. Di situ, pelamar kerja bisa berinteraksi langsung dengan recruiter.

Proses ini juga sangat dinantikan oleh pelamar kerja karena berarti lolos pada tahap pemberkasan atau administrasi.

Namun, terkadang pelamar kerja akan dihadapkan dengan situasi dimana ia harus menolak panggilan interview.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan pelamar kerja berubah pikiran. Mestinya itu tak menjadi masalah karena pelamar kerja pun berhak menolak panggilan interview pekerjaan.

Agar citra pelamar kerja tetap baik di hadapan perekrut, maka perlu untuk menyampaikan penolakan dengan sopan dan profesional. Bagaimana caranya?

Cara menolak panggilan interview

Berikut ini cara menolak panggilan interview kerja:

1. Balas pesan dengan cepat

Jangan biarkan rekruter menunggu terlalu lama. Maka, usahakan balas pesan undangan wawancara tersebut dengan cepat. 

Hindari tidak merespons pesan tersebut karena mereka juga butuh kepastian sebelum mencari pengganti atau mengatur ulang jadwal interview dengan kandidat lainnya.

2. Ucapkan “maaf” dan “terima kasih”

Saat menolak panggilan interview, jangan lupa untuk mengucapkan “maaf” karena belum bisa menerima tawaran tersebut. 

Sampaikan juga “terima kasih” untuk menghargai rekruter yang sudah mempertimbangkanmu sebagai calon kandidat perusahaan.

3. Sampaikan alasan dengan jelas

Sampaikan alasan penolakan dengan jelas sebagai wujud profesionalitas dan transparansi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman. Jelaskan alasan dengan ringkas, to the point, dan tidak bertele-tele.

Alasan penolakan interview yang biasa ditemui yaitu adanya masalah pribadi, sudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain, atau mendapatkan promosi jabatan tak terduga di tempat kerja sekarang.

4. Rekomendasikan kandidat lain

Apabila memungkinkan, kamu bisa merekomendasikan kandidat lain yang cocok mengisi posisi tersebut ketika menolak panggilan interview

Namun, ini bukan sesuatu yang wajib dilakukan. Jika ingin merekomendasikan, pastikan kamu sudah berdiskusi dengan orang yang kamu tunjuk.

5. Menjalin hubungan baik

Dengan menyampaikan penolakan secara sopan dan profesional, maka ini akan menjaga hubungan baik antara pelamar kerja dengan rekruter dan perusahaan. 

Meski kamu menolak panggilan interview, tidak menutup kemungkinan kamu bisa kembali berhubungan dengan perusahaan tersebut.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER