Cara Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal dengan Konsisten

11 Juli 2023 12:07 WIB

Narasi TV

Timbangan tubuh dan buah serta sayur yang berkaitan erat dengan berat badan ideal. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa sih yang tidak mau memiliki berat badan ideal? Asupan kalori berlebih dapat menambah berat badan karena terjadi penumpukan lemak di tubuh. Tak heran jika ada orang yang mencari cara menurunkan berat badan untuk mengurangi lemak di tubuh.

Berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap menyehatkan mengacu pada tinggi badan. Selain itu, ada faktor lain yang memengaruhi berat badan ideal yaitu jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan massa otot.

Jika seseorang mengalami berat badan berlebih, maka ia rentan terkena penyakit serius seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus. Hal ini karena penyebab berat badan berlebih bisa karena terlalu banyak konsumsi gula, gaya hidup yang tidak sehat, sering begadang, terlalu banyak makan, hingga stress.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan? Simak penjelasan berikut ini tentang tips diet yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Cara menurunkan berat badan

Kunci menurunkan berat badan adalah perencanaan yang baik, disiplin, dan konsisten. Kamu juga harus mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dibanding sebelumnya. Berikut ini cara menurunkan berat badan:

  • Lakukan defisit kalori

Defisit kalori berarti mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Tubuh akan mencari sumber energi lain yaitu lemak yang berasal dari perut, paha, pinggul, dan bagian lain untuk dibakar menjadi energi.

Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti telur rebus, apel, semangka, stroberi, buncis, bayam, ikan, yogurt, dan edamame untuk mengurangi asupan kalori tubuh. Lakukan kebiasaan ini secara perlahan agar tubuh tidak mengalami overeating.

  • Atur pola makan teratur

Pola makan teratur yaitu tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari. Makan sekali atau dua kali saja belum tentu baik untuk tubuh, terlebih jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Hindari makan cemilan setelah makan malam. Hal tersebut karena kebutuhan kalori biasanya sudah terpenuhi ketika makan malam. Ngemil setelah makan malam justru akan menambah kalori dalam tubuh.

  • Perbanyak asupan buah dan sayur

Mulai konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan mengandung sedikit kalori. Dengan begitu, tidak hanya berat badanmu saja yang akan turun, melainkan tubuh juga akan lebih sehat.

  • Konsumsi makanan tinggi protein dan serat

Makanan berprotein dapat memberi efek kenyang lebih lama sehingga kamu tidak perlu menambah makanan lain agar tidak lapar. Protein ini bisa didapatkan dari telur, ikan, kacang, daging tanpa lemak, serta susu rendah lemak.

  • Perbanyak minum air putih

Minum air putih dapat menahan nafsu makan berlebih. Kamu juga bisa minum segelas air putih dulu saat merasa lapar. Hal tersebut karena ciri-ciri dehidrasi terkadang hampir sama dengan lapar.

  • Hindari terlalu banyak konsumsi gula

Gula mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Jika kamu ingin mengonsumsi sesuatu yang manis, ganti asupan gula dengan gula stevia atau less sugar.

  • Istirahat yang cukup

Kurang istirahat dapat memicu peningkatan produksi ghrelin, hormon yang menimbulkan rasa lapar. Oleh karena itu, dianjurkan untuk istirahat yang cukup yaitu tidur selama 7-8 jam setiap hari.

  • Berolahraga

Olahraga juga dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut karena olahraga dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga renang, jogging, atau latihan angkat beban.

Itu tadi tips menurunkan berat badan agar menjadi ideal. Kunci kesuksesan saat diet adalah konsisten. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR