Ini Tips Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tetap Sehat dan Segar

19 Jun 2024 14:06 WIB

thumbnail-article

Daging kurban. Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Di momen Iduladha saat ini biasanya kita mendapatkan daging kurban. Terkadang jumlah yang didapat banyak dan perlu disimpan agar bisa dikonsumsi  di hari lainnya. Berikut adalah cara menyimpan daging kurban di kulkas.

Mengutip dari laman Medical News Today, dijelaskan bahwa proses pembekuan di dalam kulkas dapat menjaga nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dalam daging kurban agar tidak cepat rusak. Selain itu, penyimpanan dengan cara ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Namun, penyimpanan daging di dalam kulkas tidak boleh asal-asalan, berikut adalah beberapa tipsnya. 

Mengutip dari laman Universitas Gadjah Mada dan Baznas, berikut adalah cara menyimpan daging di kulkas agar kualitas daging tetap terjaga.

  • Pisahkan daging sesuai bagiannya

Cara pertama adalah memisahkan daging sesuai bagiannya, misalnya daging berlemak disendirikan jangan dicampur dengan daging padat.

  • Jangan mencuci daging kurban

Selanjutnya adalah tidak mencuci daging kurban. Hal ini lantaran jika daging kurban yang dibilas menggunakan air akan mengeluarkan bau tak sedap

  • Bumbui sebelum disimpan

Memberikan bumbu atau memarinasi daging juga menjadi salah satu tips agar daging lebih awet disimpan. Kamu bisa menggunakan kunyit, garam, dan lainnya yang dapat membunuh bakteri pada daging.

  • Bagi daging sesuai kebutuhan memasak

Cara selanjutnya adalah memotong daging sesuai kebutuhan masak. Hal ini agar mudah memproses pencairan daging dan juga daging yang sudah dipotong-potong dapat mempersingkat waktu saat dimasak. 

  • Simpan daging di chiller sebelum freezer

Yang sering dilewatkan oleh kita adalah bagian ini, Sebagian dari kita sering langsung menyimpan daging ke dalam freezer. Tips yang benar adalah simpan dulu daging di chiller dalam beberapa jam, baru kemudian pindahkan ke dalam freezer. Cara Ini dapat menjaga struktur daging tetap stabil.

  • Jangan terlalu lama menyimpan daging di kulkas 

Meskipun penyimpanan daging di kulkas bagus untuk menjaga nutrisi dan kualitas daging, namun tetap ada batasan waktu menyimpan daging kurban di kulkas agar masih layak dikonsumsi. Oleh karena itu, usahakan jangan terlalu lama menyimpan daging kurban karena akan membuat daging menjadi tidak segar lagi.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER