Cara Memperbaiki Benang yang Lepas pada Sweater Rajut

26 November 2023 13:11 WIB

Narasi TV

Seorang perempuan mengenakan sweater rajut merah di depan tembok bercat biru tosca. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Memasuki musim penghujan, pakaian berbahan tebal seperti sweater rajut menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh tetap hangat. 

Sayangnya, sweater berbahan rajut rentan mengalami kerusakan karena tersangkut atau ada benang yang tertarik. Akibatnya, sweater menjadi sobek atau berlubang. 

Meski demikian, jangan buru-buru menyingkirkan sweater rajut yang bolong atau lepas benangnya. Kamu bisa memperbaiki sweater-mu dengan menjahitnya kembali menggunakan metode yang tepat. 

Memperbaiki benang yang lepas dari sweater rajut pun sebenarnya tidak sulit selama kamu mengetahui caranya. 

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Untuk memperbaiki benang yang terlepas dari sweater rajut, berikut ini bahan dan alat yang kamu butuhkan:

  • Benang rajut dan jarum rajut

Pilih benang rajut dengan warna yang sama atau senada dengan sweater rajut yang hendak diperbaiki. 

Kamu juga perlu menyiapkan jarum rajut yang sesuai dengan ukuran benang yang digunakan. 

  • Peniti

Peniti digunakan untuk mengaitkan lubang-lubang yang terlalu besar sebelum kamu menutupnya kembali dengan benang rajut. 

Pilih peniti yang kuat dan tajam supaya lubang pad sweater dapat tertutup dengan baik. 

  • Gunting rajut

Siapkan gunting rajut yang tajam dan presisi untuk memotong benang yang tidak diinginkan pada sweater rajut. Pastikan gunting rajut berkualitas baik supaya tidak merusak benang. 

Cara memperbaiki benang lepas pada sweater rajut

Jika seluruh alat dan bahan telah disiapkan, kamu bisa mulai memperbaiki sweater rajutmu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Identifikasi lubang

Periksa sweater rajut untuk menemukan lubang-lubang yang ada. Identifikasi ukuran dan tingkat kerusakan dari setiap lubang. 

Bersihkan kotoran yang menempel pada area sweater yang berlubang. Kemudian, ikat seluruh benang yang terlepas pada area tersebut.

  • Kaitkan lubang dengan peniti

Jika ukuran lubang pada sweater terlalu besar, gunakan peniti untuk menutup lubang dengan mengaitkan bagian yang robek dengan area di sekitarnya.

  • Pasang benang ke jarum

Potong benang rajut sesuai panjang yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan ukuran lubang yang akan diperbaiki. 

Kemudian, masukkan benang ke bagian kepala jarum rajut. Ikat ujung benang supaya tidak terlepas saat memperbaiki sweater

  • Mulai merajut

Selanjutnya, kamu bisa mulai merajut bagian yang berlubang pada sweater. Sisipkan jarum melalui kerangka benang pada sweater rajut, kemudian lanjutkan rajutan menggunakan pola yang sama dengan yang digunakan pada sweater

  • Kunci ujung benang

Jika seluruh rajutan telah selesai, jangan lupa untuk menguncinya dengan mengikat ujung benang dan menjepitnya dengan benang yang sudah ada supaya tidak terlepas. 

  • Gunting sisa benang

Langkah terakhir adalah menggunting sisa benang yang berlebih menggunakan gunting rajut. Pastikan untuk memotong benang secara rapat dengan sweater supaya tidak terlihat mencolok atau menonjol. 

Demikian cara memperbaiki lubang pada sweater rajut yang disebabkan oleh benang yang terlepas. Namun, perlu diingat bahwa hasil tambalan pada sweater akan berbeda-beda tergantung pada tingkat kerusakan dan keahlian dalam merajut. 

Jika kamu tidak yakin bisa memperbaiki sendiri sweater rajut yang berlubang, kamu bisa membawanya ke tukang jahit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR