Kenali Ciri-Ciri Diabetes Sebelum Terlambat

11 Juli 2023 15:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi tes kadar gula dalam darah. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Ciri-ciri diabetes perlu dipahami mengingat penyakit yang disebabkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh ini, menjadi salah satu penyakit yang cukup disorot di dunia kesehatan.

Biasanya penyakit ini muncul karena gaya hidup yang tidak sehat, yang membuat tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin.

Data kasus diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang identik dengan kelompok usia lansia. Namun belakang penyakit ini juga bisa dialami oleh anak-anak.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Ikatan Dokter Indonesia atau IDI pada Januari 2023, anak penderita diabetes tercatat sebesar 2 per 100.000 penduduk.

Jumlah ini meningkat sampai 70 kali lipat dibandingkan tahun 2010 yang prevalensinya sebesar 0,-028 per 100.000 penduduk, dilansir dari dataindonesia.id.

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia pernah mengungkapkan fakta penderita diabetes di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara RS Dharmais dan The University of Texas MD Anderson Cancer Center di Rumah Sakit Kanker RS Dharmais, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Mengutip investor.id, dalam acara tersebut Menkes membenarkan bahwa penderita penyakit diabetes di tanah air cukup mengalami peningkatan yang signifikan. 

Dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2023 terdapat 13% atau 35 juta dari 270 juta masyarakat Indonesia yang menderita diabetes.

Bahkan dalam laman kemenkes.go.id diungkapkan bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit mematikan ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.

Ciri-ciri diabetes

Berikut adalah ciri-ciri yang biasa terjadi bagi penderita diabetes. Simak sampai habis ya

  • Luka yang sulit sembuh

Ciri yang pertama adalah bagi penderita diabetes biasanya saat kulit mengalami luka akan susah sembuh. Hal ini terjadi lantaran kadar glukosa yang tinggi dapat merusak pembuluh darah.

Glukosa yang berlebihan menyebabkan tertutupnya pembuluh darah dan arteri, selain itu penyakit ini menyebabkan luka rentan terkena infeksi

  • Emosi dan mudah tersinggung

Orang yang memiliki kadar gula darah tinggi kerap kali merasa tidak enak badan dan tubuh mengalami kelelahan dalam pengendalian gula darah.

Dampaknya mereka akan lebih mudah stres, perasaan lebih sensitif, mudah emosi dan tersinggung.

  • Mudah lapar

Ciri selanjutnya adalah mudah lapar, hal ini disebabkan resistensi insulin telah menghambat glukosa dalam mencapai sel-sel tubuh dalam memberi asupan dan energi yang telah dikonsumsi.

  • Sering mengalami kesemutan

Kesemutan atau mati rasa bisa menjadi salah satu ciri dari diabetes. Pasalnya hal ini terjadi lantaran adanya kerusakan saraf yang biasa disebut dengan istilah neuropati perifer atau neuropati diabetik.

  • Berat badan turun drastis

Kadar gula yang cukup tinggi biasanya dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cukup drastis. Hal ini lantaran hormon insulin sudah tidak mendapatkan glukosa untuk sel. Akibatnya tubuh menjadi alternatif energi lain seperti lemak dan juga protein.

Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR