Ciri-Ciri Pasangan yang Berselingkuh, Bisa Dideteksi Sejak Awal

21 Aug 2024 20:08 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi selingkuh. (Sumber: Freepik/shurkin_son)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Berita tentang perselingkuhan seringkali membuat publik geram. Pasalnya, perselingkuhan bisa menjadi ancaman serius bagi hubungan yang sedang berjalan. Perlu diketahui bahwa ada tanda-tanda yang terlihat dari pasangan yang selingkuh. Apa ciri-ciri pasangan selingkuh?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), selingkuh adalah tindakan suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri, tidak berterus terang, tidak jujur, curang, dan serong.

Selingkuh bisa dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Tindakan ini bisa dialami oleh pasangan yang sudah terikat pernikahan maupun masih berpacaran.

Sebab, perselingkuhan dapat terjadi karena relasi yang kurang sehat sehingga memicu pelanggaran komitmen dengan pasangan.

Perselingkuhan bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja, tidak terduga, dan tidak terhindarkan.

Tindakan ini ada sebab dan akibatnya. Ada gerak-gerik, sikap, atau pesan verbal tertentu yang bisa menjadi tanda bahwa pasangan berselingkuh.

Ciri tersebut perlu diketahui untuk meningkatkan kepekaan terhadap situasi hubungan.

Terlebih jika pasangan menunjukkan perubahan sikap secara tiba-tiba. Dari situ, kamu bisa mengumpulkan bukti-bukti untuk menguatkan asumsi.

Ciri pasangan berselingkuh

Berikut ciri-ciri pasangan yang berselingkuh:

  • Menyembunyikan ponsel

HP memang berisi segala informasi yang sifatnya privasi. Namun, terlalu menyembunyikan HP juga bisa menjadi indikasi pasangan berselingkuh. Apalagi jika sebelumnya ia memperbolehkan kamu untuk membuka HP-nya. 

Tiba-tiba, kamu tidak lagi mengetahui password, kode ponsel, atau sering melihat notifikasi mencurigakan yang masuk. Hal ini bisa menjadi tanda jika pasangan tengah menyembunyikan sesuatu darimu.

  • Bersikap dingin

Selanjutnya yaitu menunjukkan sikap yang dingin. Ia kurang memberikan perhatian, kurang apresiasi, dan terlihat tidak antusias ketika sedang bersamamu. Ia berubah menjadi seorang yang dingin dan cuek.

  • Pemarah

Perubahan sikap lainnya yaitu pasangan terlihat lebih pemarah. Mood-nya mudah sekali berubah.

Bahkan, ia akan marah pada masalah yang sepele sampai melakukan tindak kekerasan. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa pasangan berselingkuh.

  • Bertengkar karena hal sepele

Pasangan yang berselingkuh cenderung memulai pertengkaran dengan pasangannya.

Biasanya pertengkaran ini terjadi tanpa alasan yang jelas atau masalah sepele. Jika demikian, kamu patut berhati-hati agar tidak berujung pada kekerasan.

  • Perubahan mood 

Pasangan yang sedang selingkuh juga bisa mengalami perubahan mood yang cepat dan mudah.

Ia akan merasa bersalah, marah, dan bingung atas perbuatannya. Alhasil, ia akan menyerang pasangan sebagai bentuk pertahanan dan perlawanan.

  • Sering berbohong

Pasangan yang berselingkuh juga sering berbohong. Ia akan berusaha menutupi segala sesuatu agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Semakin sering pasangan mengungkapkan hal yang tak masuk akal, maka perlu untuk kamu menelusuri apa yang sedang ia tutupi.

  • Suka menghindar

Pasangan yang berselingkuh cenderung menghindari pasangannya. Ia merasa tidak perlu menanggapi pertanyaan yang tidak nyaman seperti habis dari mana, dengan siapa, dan lain sebagainya. Di satu sisi, ia juga ingin menghindari perasaan bersalah karena telah berselingkuh.

  • Sering menghabiskan waktu di luar

Pasangan cenderung menghabiskan waktu di luar rumah dan pergi ke tempat yang jauh.

Hal tersebut agar ia bisa menghabiskan waktu dengan pasangan yang lain, serta menghindari suasana tidak mengenakkan ketika bersamamu.

  • Ada pengeluaran yang tidak biasa

Terakhir yaitu adanya pengeluaran yang tidak biasa. Kamu tidak tahu untuk apa pengeluaran tersebut, terlebih jika nominalnya cukup banyak. 

Ketika bertanya, pasanganmu pun tidak dapat memberikan alasan yang logis. Jika demikian, maka kamu perlu mencurigai bahwa uang tersebut disalahgunakan.

Demikian ciri-ciri pasangan yang berselingkuh. Sebelum membicarakan dengan pasangan, ada baiknya kamu mengumpulkan bukti-bukti terlebih dahulu sehingga apa yang disampaikan tidak berdasarkan asumsi saja.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER