Daftar Brand Indonesia yang Support Palestina

24 Nov 2023 18:11 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi aksi protes mendukung pemboikotan Israel. (Sumber: REUTERS)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Konflik bersenjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza, Palestina kian berlarut. Ribuan orang dinyatakan tewas sebagai korban serangan dari kedua belah pihak.

Tragedi kemanusiaan tersebut membuat banyak pihak melakukan dukungan, terutama pada publik Gaza yang menjadi korban di tengah konflik tersebut.

Banyak perusahaan Indonesia yang secara terang-terangan mendukung Palestina dan menolak okupasi Israel di tanah Palestina.

Umumnya, produsen-produsen Indonesia yang mendukung Palestina dengan menginisiasi donasi yang disalurkan ke Palestina sebagai bantuan kemanusiaan.

Selain donasi, tak sedikit pula yang menyisihkan keuntungan penjualan sebuah produk untuk disalurkan sebagai bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Daftar brand Indonesia yang support Palestina

Di bawah ini adalah daftar merek makanan dan minuman lokal Indonesia yang telah menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina, seperti dilaporkan oleh akun media sosial X @txtdrkuliner:

  • Burger Bangor: Dalam posting Instagram-nya, Burger Bangor menampilkan gambar semangka sebagai simbol perlawanan Palestina.
    Merek kuliner yang dimiliki oleh artis Denny Sumargo ini menyatakan dukungannya dengan caption "Burger Bangor bersama Palestina" dan berdoa agar perang segera berakhir.
  • D’Kriuk Fried Chicken: Alternatif lokal dari merek ayam goreng krispi ini memposting cerita di Instagram pada tanggal 3 November 2023 yang mengumumkan bahwa omzet outlet KS Tubun dan Pasir Kidul akan didonasikan kepada korban di Palestina.
  • Lawless Burgerbar: Melalui akun media sosial X @aparatmati, Lawless Burgerbar mengumumkan bahwa seluruh keuntungan penjualan dari 4 hingga 12 November 2023 akan didonasikan melalui Kedutaan Besar Palestina untuk membantu korban di Palestina.
  • Esteh Indonesia: Akun Instagram merek minuman Esteh Indonesia memposting gambar semangka dengan caption "WE ALWAYS PRAY FOR PALESTINE" untuk menunjukkan dukungan mereka.
    Mereka juga mendorong pelanggan mereka untuk menunjukkan dukungan mereka pada Palestina dengan emoji semangka.
  • Jatinangor House: Meskipun salah satu outlet Jatinangor House mengalami kebakaran di Cisitu, mereka tetap bersemangat untuk membantu Palestina.
    Merek ayam goreng ini melakukan penggalangan dana untuk Palestina melalui postingan di Instagram Stories.
  • Waroeng Steak & Shake: Seperti merek lainnya, Waroeng Steak & Shake juga memposting gambar semangka yang terkait dengan perlawanan warga Palestina di media sosial mereka.
  • Haus: Merek minuman Haus telah berkolaborasi dengan Cinta Quran Foundation untuk mengadakan donasi selama bulan November 2023 dengan pembelian produk Haus.
  • Teguk: Teguk juga dengan tegas menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina melalui postingan Instagram Stories mereka untuk berpartisipasi dalam aksi besar aliansi rakyat Indonesia bela Palestina di Monumen Nasional Jakarta pada tanggal 5 November.
  • Donatsu, Spicywon, Hack Ramen, Topoci Indonesia: Merek Donatsu, Spicywon, Hack Ramen, dan Topoci Indonesia yang tergabung dalam Musim Indonesia Corporation telah mengambil tindakan boikot terhadap produk Nestle yang mereka gunakan dalam produksi dengan menghapuskan bahan baku dari merek pro-Israel tersebut.
  • Tekun Indonesia: Tekun Indonesia juga telah melakukan boikot terhadap bahan baku dari merek pro-Israel dengan menghapuskan menu Milo yang menggunakan produk dengan indikasi dukungan terhadap pembantaian warga Palestina.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER