Daftar Ekspedisi Kirim Paket Ke Luar Negeri Lengkap Beserta Tarif dan Layanannya

17 Jul 2024 21:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi jasa ekspedisi antar-negara. (Sumber: Freepik/vectorjuice)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Perusahaan jasa pengiriman (ekspedisi) di Indonesia tidak hanya melayani pengiriman paket dalam negeri saja. Ada pula yang menawarkan untuk mengirim barang ke luar negeri. Berikut daftar ekspedisi kirim paket ke luar negeri dengan tarif yang murah dan cepat.

Perkembangan teknologi dan keberadaan jasa ekspedisi yang menjamur membuat pengiriman barang ke luar negeri tidak lagi boros di ongkos. Ada berbagai opsi ekspedisi yang menawarkan pengiriman murah, mudah, dan cepat.

Pengiriman barang ke luar negeri memang memerlukan persiapan dan pengetahuan. Selain memilih ekspedisi yang terpercaya, kamu harus mengetahui aturan yang berlaku, cara mengemas paket, dan menyiapkan biayanya.

Aturan mengirim barang ke luar negeri

Merangkum dari berbagai sumber, berikut barang-barang yang tidak boleh dikirimkan ke luar negeri:

  • Obat-obatan terlarang, termasuk narkotika, psikotropika, dan lain sebagainya.
  • Barang mudah terbakar.
  • Barang mudah meledak.
  • Barang yang melanggar kesusilaan.
  • Makhluk hidup.
  • Uang.
  • Barang yang mudah rusak dan mencemari lingkungan.
  • Barang yang dapat mengganggu stabilitas dan keamanan negara.
  • Barang yang dilarang edar di Indonesia.
  • Barang yang dilarang pengirimannya oleh peraturan perundang-undangan.

Selain mengetahui jenis barang, kamu juga harus cari tahu bobot/volume maksimal pengiriman barang. Apabila melebihi batas maksimal, maka barang akan dikenai aturan ekspor.

Daftar ekspedisi kirim paket ke luar negeri

Berikut daftar ekspedisi kirim paket ke luar negeri:

  • EMS International (Pos Indonesia)

EMS International merupakan jasa pengiriman dari Pos Indonesia. Perusahaan negara ini melayani pengiriman paket ke 232 negara dalam waktu 3-5 hari kerja. Ada berbagai keunggulan mulai dari pengambilan paket gratis, pelacakan paket, dan asuransi paket.

Jenis paket yang tersedia mulai dari Paket Pos Cepat Luar Negeri dengan tarif Rp372.048 untuk estimasi 6 hari pengiriman. Ada pula Paket Pos Biasa Luar Negeri dengan tarif Rp167.321 untuk estimasi 30 hari pengiriman. Terakhir yaitu ePacket LP APP dengan tarif Rp294.201 untuk estimasi 6 hari pengiriman.

  • DHL Indonesia

DHL Indonesia merupakan cabang dari perusahaan DHL di Amerika Serikat. Jaringannya cukup luas hingga lebih dari 220 negara. Kamu bisa mengirimkan paket, dokumen, dan barang berat menggunakan ekspedisi ini.

Ada tiga jenis layanan yang ditawarkan yaitu express envelopes, express easy, dan express worldwide. Tarifnya pun beragam mulai dari Rp800.000 hingga Rp2.000.000 per kilogram berat barang, tergantung paket, tujuan pengiriman, jenis layanan, dan asuransi.

  • FedEx Indonesia

FedEx Indonesia telah memiliki banyak kantor layanan yang tersebar di berbagai wilayah. Ada beberapa jenis layanan seperti FedEx International Priority Freight, FedEx International Economy, FedEx International First, dan FedEx International Economy Freight.

Biaya pengirimannya pun bisa berbeda-beda tiap layanan, tergantung negara tujuan pengiriman. Mulai dari Rp1.150.000 hingga Rp3.013.000 untuk pengiriman paket 1 kg layanan FedEx International Express.

  • TIKI

TIKI tak hanya bisa digunakan untuk mengirim barang domestik, melainkan juga internasional. Kamu bisa mengirimkan paket ke beberapa negara di Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Afrika, Arab, dan Eropa.

Ada dua jenis pengiriman paket TIKI yaitu World Parcel Express (WPX) dan World Document Express. Biayanya tergantung pada barang dan tujuan pengiriman yang ditetapkan dalam satuan US dollar.

  • SAP Express

SAP Express dapat menjangkau pengiriman lebih dari 200 negara di enam benua. Biaya pengirimannya berbeda-beda tergantung berat dan negara tujuan pengiriman. Kamu dapat memastikan tarif pengirimannya melalui situs https://www.sap-express.id/id/layanan/pengiriman-international.

  • Lion Parcel

Lion Parcel menyediakan layanan pengiriman internasional yaitu Interpack. Pengiriman ini didukung jaringan maskapai Lion Air dengan durasi pengiriman 3-5 hari ke 51 negara di dunia. 

Tarifnya pun beragam mulai dari Rp65.000. Kamu dapat memastikan tarif pengirimannya melalui situs https://lionparcel.com/tarif

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER