8 Rekomendasi Film dan Serial yang Membahas tentang Kesehatan Mental

22 Oktober 2023 08:10 WIB

Narasi TV

Film-film yang mengangkat tema kesehatan mental. (Sumber: Istimewa)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Kesehatan mental bukan tema yang sulit didapat ketika memilih film atau serial drama. Banyak film yang mengangkat isu mengenai mental health yang diderita seseorang.

Menonton film atau serial drama yang mengangkat tema kesehatan mental dapat memberikan perspektif yang lebih baik mengenai apa yang terjadi pada penderita masalah kesehatan mental.

Melalui sinema, penonton juga dapat memahami bahwa kesehatan mental merupakan isu yang sebenarnya begitu dengan dengan keseharian kita.

Banyak sekali film yang mengusung tema ini menjadi tulang punggung cerita. Jika Anda sulit menentukan film bertema kesehatan mental mana yang akan Anda tonton, berikut rekomendasi yang dapat dipilih.

Delapan film tentang kesehatan mental

Delapan film dan serial drama berikut ini mengangkat tema kesehatan mental dan mampu, sedikit banyak, menambah perspektif kita mengenai mental health, berikut daftarnya.

1. To the Bone (2017)

Keanu Revees (kiri) dan Lili Collins (kanan) dalam sebuah adegan film "To the Bone" (2017). (Sumber: Netflix)

To the Bone merupakan film Netflix Original yang dirilis pada tahun 2017, dibintangi oleh Lily Collins sebagai Ellen, seorang wanita muda yang mengidap anoreksia.

Film ini menggambarkan perjuangan seseorang dengan anoreksia dan proses penyembuhannya.

2. Black Swan (2010)

Natalie Portman dalam sebuah adegan film "Black Swan". (Sumber: Fox Searchlight Pictures)

Black Swan membuka sisi lain kehidupan seorang balerina, dengan fokus pada karakter Nina Sayers (Natalie Portman), seorang penari balerina yang sedang mempersiapkan diri untuk pertunjukan.

Cerita ini menyoroti perjuangan Nina yang tidak mudah, bahkan penuh dengan tantangan tak terduga. 

Selain itu, film ini menggambarkan gangguan psikis yang dihadapi Nina yang membuatnya dihantui oleh pikiran negatif yang menekan untuk mencapai kesempurnaan dalam perannya.

3. Joker (2019)

Joaquin Pheonix dalam sebuah adegan film "Joker" (2019). (Sumber: Warner Bros)

Joker tidak hanya memperkenalkan karakter penjahat ikonik dari DC Comics, tetapi juga mengangkat isu kesehatan mental.

Film ini mengisahkan tentang Arthur Fleck (Joaquin Phoenix), yang mengidap pseudobulbar affect atau gangguan mental yang membuatnya merespons peristiwa dengan tawa atau tangisan yang tidak terkendali.

Kondisi ini tidak muncul tiba-tiba, melainkan akibat perlakuan masyarakat dan orang terdekat yang kerap menjauhkan Arthur. 

Untuk mengatasi depresinya dan merasa puas, Arthur melakukan tindakan-tindakan negatif yang tak terduga.

4. Silver Linings Playbook (2012)

Jennifer Lawrence (kiri) dan Bradley Cooper (kanan) dalam sebuah adegan film "Silver Linings Playbook" (2012). (Sumber: The Weinstein Company)

Silver Linings Playbook adalah film yang mengangkat isu-isu kesehatan mental. Disutradarai oleh David O Russell, film ini bercerita tentang dua individu dengan masalah mental yang membentuk ikatan yang kuat.

Pat (Bradley Cooper) adalah seorang pria dengan diagnosis gangguan bipolar. Setelah keluar dari rumah sakit jiwa, Pat berusaha untuk berdamai dengan mantan istrinya.

Namun, dalam perjalanan ini, ia bertemu dengan Tiffany (Jennifer Lawrence), seorang perempuan yang juga memiliki latar belakang depresi yang kompleks.

5. The Edge of Seventeen (2020)

Hailee Steinfeld dalam sebuah adegan film "The Edge of Seventeen" (2016). (Sumber: Netflix)

The Edge of Seventeen menggambarkan krisis remaja. Nadine Franklin merasa hubungannya dengan ibu dan kakak laki-lakinya tidak harmonis.

Sebaliknya, ia merasa terhubung dengan sang ayah, yang meninggal karena serangan jantung, meninggalkan Nadine merasa sangat sendirian. 

Masalah semakin rumit ketika sahabatnya, Krista, memulai hubungan dengan Darian, kakak Nadine.

6. A Man Called Otto (2022)

Tom Hanks dalam sebuah adegan film "A Man Called Otto" (2022). (Sumber: Netflix)

A Man Called Otto berkisah tentang Otto Anderson (Tom Hanks), seorang tua yang ketus, menghadapi depresi setelah kematian istrinya.

Setelah pensiun dari pekerjaan yang telah dilakukan selama 40 tahun, Otto memutuskan untuk bunuh diri.

Namun usahanya selalu terhalang oleh tetangga barunya yang riuh serta lingkungannya yang "bermasalah".

7. Horse Girl (2021)

Alison Brie dalam sebuah adegan film "Horse Girl" (2020). (Sumber: Netflix)

Horse Girl bercerita tentang Sarah, seorang perempuan yang mengidap gangguan jiwa karena faktor genetik dalam keluarganya. 

Kehidupannya yang pemalu dan minim teman membuatnya hanya memiliki kuda sebagai sahabat.

Namun, hidupnya mulai terganggu ketika ia merasa diculik oleh alien selama tidur. 

Film ini memberikan pandangan dari sudut pandang Sarah, memungkinkan penonton memahami sepenuhnya perjalanan dan penderitaannya.

8. After Life (2019-2022)

Ricky Gervais dalam sebuah adegan serial drama "After Life" (2019-2022).

After Life merupakan serial drama yang mengisahkan perjalanan Tony (Ricky Gervais) menjalani depresi hebat setelah kematian istrinya, Lisa (Kerry Godliman).

Bekerja sebagai reporter koran lokal di sebuah kota terpencil di Inggris membuat Lisa adalah satu-satunya kebahagian bagi Tony. Namun kematian Lisa membawa luka yang dalam bagi Tony.

Tak hanya sekali ia berusaha mengakhiri hidupnya karena tak betah hidup dalam kesendirian.

Namun, lingkungan yang begitu ia benci sepeninggal Lisa, ternyata membawa perspektif baru tentang dunia, juga hidup yang ternyata perlu dilanjutkan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR