10 Jurusan Kuliah yang Paling Disesali Lulusannya, Ada Jurusanmu?

26 Jul 2024 20:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi mahasiswa menyesal memilih jurusan kuliah. (Sumber: Freepik/jcomp)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Umumnya, seseorang berkuliah untuk mendapatkan ilmu yang nantinya akan menjadi bekal saat memasuki dunia kerja. Namun pada kenyataannya, beberapa orang justru menyesal telah mengambil jurusan tertentu semasa berkuliah. 

Survei yang dilakukan oleh ZipRecruiter terhadap 1.500 lulusan universitas yang sedang mencari kerja menunjukkan adanya beberapa jurusan kuliah yang paling disesali oleh lulusannya. 

Timbulnya perasaan menyesal ini berkaitan erat dengan prospek pekerjaan di masa mendatang. Kebanyakan dari mereka merasa jurusan kuliah yang diambil justru mempersulit mereka dalam mencari kerja. 

Mahasiswa bisa saja merasa senang dan tertarik mempelajari bidang yang dipilih. Akan tetapi, mereka baru dihadapkan pada kenyataan terkait gaji yang jauh lebih rendah dibandingkan rekan-rekan dari jurusan lain yang ilmunya lebih banyak dibutuhkan. 

Lantas, jurusan apa saja yang paling disesali oleh para lulusannya?

Daftar jurusan kuliah yang paling disesali

Berdasarkan survei ZipRecruiter, jurusan yang cenderung disesali oleh lulusannya kebanyakan berada di ranah kualitatif. Rupanya, jurnalisme menjadi jurusan yang paling banyak disesali, yakni oleh 87 persen dari lulusannya.

Berikut daftar 10 jurusan yang paling disesali oleh lulusannya:

  1. Jurnalisme:(87%),
  2. Sosiologi (72%),
  3. Seni Liberal (72%),
  4. Komunikasi  (64%),
  5. Pendidikan (61%),
  6. Manajemen Pemasaran dan Riset (60%),
  7. Pendamping Medis (58%),
  8. Ilmu Politik dan Pemerintahan (56%),
  9. Biologi (56%),
  10. Bahasa dan Sastra Inggris (52%).

Sebagian kecil dari lulusan yang merasa puas dengan jurusan-jurusan di atas cenderung mendapatkan gaji yang tinggi. Hal ini membuat mereka tidak menyesali jurusan yang telah diambil.

Pada lulusan manajemen marketing dan riset, misalnya, lulusan yang merasa puas rupanya punya gaji tiga kali lebih besar dari lulusan yang menyesal. Begitu pula dengan lulusan komunikasi yang bergaji 1,6 kali lebih besar. Mereka tidak menyesal sebagaimana 64 persen lulusan lainnya. 

Adapun jurusan yang paling jarang disesali kebanyakan berada di ranah kualitatif seperti ilmu komputer dan informasi (72 persen), kriminologi (72 persen), teknik (71 persen), keperawatan (69 persen) dan kesehatan (67 persen). 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER