Syarat dan Manfaat Kuliah Double Degree untuk Karier di Masa Depan

18 Jul 2024 13:07 WIB

thumbnail-article

Ilusrasi aktivitas belajar. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kuliah double degree merupakan tawaran program yang cukup menarik di perguruan tinggi. Mahasiswa bisa mengambil dua gelar sarjana sekaligus dari disiplin ilmu yang berbeda. Bagi yang tertarik, berikut manfaat dan syarat kuliah double degree.

Double degree adalah program pendidikan di perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswa mengambil dua gelar sarjana sekaligus dalam satu periode studi. Program ini memang menguras waktu dan tenaga mahasiswa. Namun, peluang yang didapatkan jauh lebih besar.

Mahasiswa yang mengambil double degree berkesempatan memeroleh pengetahuan lebih luas. Hal ini akan sangat baik untuk peluang karier ke depan karena mahasiswa punya pemahaman mendalam terkait dua bidang studi yang berbeda.

Mengambil double degree berarti siap akan risikonya. Mahasiswa akan menghadapi lebih banyak tugas dan ujian dibanding teman-teman yang hanya memiliki satu gelar. Otomatis mahasiswa akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk belajar.

Oleh karena itu, tidak semua mahasiswa bisa mendaftarkan diri untuk mengambil double degree. Ada persyaratan yang harus dipenuhi agar keduanya bisa berjalan seimbang. Pihak universitas juga perlu mempertimbangkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan studi double degree.

Perbedaan double degree dan double major

Double degree tentu berbeda dengan double major. Kombinasi jurusan double degree biasanya tidak saling berhubungan. Misalnya ekonomi dan sains, ilmu sosial dan teknik, hukum dan ilmu komputer, dan lain sebagainya.

Mahasiswa yang mengambil double degree juga akan belajar di dua universitas berbeda untuk bidang studi yang dipilih. Biasanya kedua universitas saling bekerja sama untuk menyediakan program tersebut.

Lain halnya dengan double major di mana mahasiswa mengambil dua jurusan secara bersamaan. Mahasiswa belajar dua bidang pengetahuan yang masih berhubungan, tetapi hanya mendapatkan satu gelar. Contoh double major adalah bisnis dan ekonomi, marketing dan komunikasi, psikologi dan hukum, dan lain-lain.

Pihak universitas akan meminta mahasiswa memilih bidang mana yang akan lebih difokuskan. Untuk itu, syarat double major biasanya membutuhkan persetujuan dari penasehat akademik universitas serta kedua kepala fakultas yang dituju.

Syarat double degree

Bagi yang tertarik mengambil program kuliah double degree, berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • IPK di atas 3.20 setelah menjalani 60-80 SKS selama proses kuliah S1.
  • Melampirkan transkrip nilai.
  • Melampirkan fotokopi sertifikat Bahasa Inggris (IELTS/TOEIC/TOEFL) dengan standar nilai sesuai yang ditetapkan kampus.
  • Melampirkan fotokopi ijazah atau Surat Keterangan Lulus.
  • Mengisi form pendaftaran Program Kuliah Double Degree S1.
  • Mengisi surat pernyataan kesanggupan dan niat dalam mengikuti program double degree.
  • Lulus tes yang diadakan universitas.
  • Lolos tes wawancara yang diadakan universitas.

Manfaat double degree

Berikut manfaat mengambil program double degree:

  • Kesempatan berjejaring lebih luas

Double degree membawamu bertemu banyak orang yang bekerja dalam dua bidang berbeda. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk karier di masa depan. Semakin luas jaringan, semakin besar peluang kerja atau proyek menarik yang ditawarkan.

  • Peluang karier yang banyak

Double degree memungkinkanmu mencari pekerjaan yang lebih luas. Kamu bisa menggunakan salah satu bidang ilmu atau kombinasi keduanya. Bahkan kamu tidak perlu khawatir apabila ada perusahaan yang membutuhkan karyawan yang mahir dalam dua bidang ilmu sekaligus.

  • Potensi gaji lebih tinggi

Pengetahuan dan keterampilan luas dalam dua bidang akan sangat dihargai oleh perusahaan. Perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan dan menempatkanmu pada posisi tertentu dengan gaji yang lebih tinggi.

  • Berwawasan internasional

Program double degree juga memberi kesempatan belajar di luar negeri. Kamu bisa belajar budaya baru dan berbahasa asing. Pengalaman ini tentu akan membawamu berkembang dan memberi wawasan global. Siapa tahu kamu bisa berkarier di luar negeri.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER