4 Macam Layanan KB Ditanggung BPJS Kesehatan

6 September 2023 23:09 WIB

Narasi TV

Pegawai melayani peserta BPJS Kesehatan di Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Rabu (1/7/2020). ANTARA/Fauzan.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) merupakan bagian integral dari sistem jaminan sosial nasional Indonesia yang bertujuan utama untuk memberikan perlindungan kesehatan yang menyeluruh kepada masyarakat Indonesia.

Salah satu pelayanan unggulan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan adalah program Keluarga Berencana (KB) yang dapat diakses secara gratis.

Dalam upaya mengutip Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), program KB adalah inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk mencapai keselarasan antara kebutuhan dan jumlah penduduk Indonesia.

Program ini mendorong masyarakat untuk merencanakan jumlah anak secara lebih terencana dan bijaksana.

Layanan KB yang ditanggung BPJS

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes RI) Nomor 3 Tahun 2023 mengenai Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan, BPJS Kesehatan telah menetapkan beberapa jenis layanan KB yang biayanya ditanggung. 

Berikut beberapa beberapa layanan yang biayanya ditanggung BPJS Kesehatan.

1. Tubektomi dan vasektomi

Layanan KB ini melibatkan tindakan pembedahan yang memutuskan saluran reproduksi, baik pada wanita (tubektomi) maupun pria (vasektomi). 

Tindakan ini bersifat permanen dan memerlukan pertimbangan matang.

2. Konsultasi dan pemasangan KB

BPJS Kesehatan juga menanggung layanan konsultasi dan pemasangan alat kontrasepsi, seperti IUD Nova T dan Copper T. Konsultasi sangat penting agar peserta dapat memahami manfaat serta efek samping dari metode KB yang mereka pilih.

Saat ini, biaya pemasangan dan pencabutan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) sebesar Rp105 ribu akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

3. KB spiral atau IUD

Alat kontrasepsi berbentuk spiral atau IUD dimasukkan ke dalam rahim dan dianggap efektif.

BPJS Kesehatan akan membiayai pemasangan IUD dan juga kontrol serta pencabutannya. Merek IUD yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan mencakup Nova T dan Copper T.

4. Suntik KB

KB suntik adalah salah satu metode KB yang populer karena penggunaannya yang mudah, aman, dan efektif. Setiap suntikan KB akan dibiayai oleh BPJS Kesehatan dengan biaya sekitar Rp20 ribu per suntikan.

Layanan-layanan KB yang telah disebutkan di atas menunjukkan komitmen BPJS Kesehatan dalam mendukung program KB di Indonesia, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan KB berkualitas tanpa harus memikirkan biaya yang dibebankan.

Ini adalah salah satu langkah yang membantu dalam pengendalian pertumbuhan populasi dan memberikan opsi yang lebih baik untuk perencanaan keluarga yang sehat dan bijaksana.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR